Kemendagri 'Semprit' DKI karena APBD Terancam Molor

    Insi Nantika Jelita - 22 November 2019 14:22 WIB
    Kemendagri 'Semprit' DKI karena APBD Terancam Molor
    Balai Kota Jakarta. Foto: MI/Galih Pradipta
    Jakarta: Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menegaskan tidak ada perpanjangan waktu untuk merampungkan rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah (RAPBD) 2020. Hal ini disampaikan menyangkut permintaan DPRD DKI untuk menambah waktu. 

    "Kalau terlambat itu terlepas dari siapa pun itu sudah ada implikasinya dianggap tidak disiplin di dalam penetapan RAPBD," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah Kemendagri Syarifuddin di Jakarta, Jumat, 22 November 2019.

    Dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 33 Tahun 2019 tentang Pedoman Penyusunan APBD 2020, tidak ada persoalan perpanjangan waktu pembahasan anggaran. DKI harus patuh ketetapan yang sudah dibuat.

    Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan DPRD memiliki batas waktu hingga Sabtu, 30 November 2019, untuk mengesahkan RAPBD DKI Jakarta 2020. Jika tidak, mereka terancam tidak digaji enam bulan.

    "Konsekuensinya itu sudah diatur dengan Peraturan Menteri Keuangan. Makanya, daerah berlomba-lomba bagaimana caranya tepat waktu supaya (insentif tetap dapat)," kata Syarifuddin.

    Ia mengatakan mengenai sanksi, ada tim dari Inspektorar Jenderal Dalam Negeri yang memeriksa dan evaluasi apa penyebab terlambatnya pengesahan RAPBD tersebut. Pihak yang bersalah akan terkena saksi.

    "Jadi kalau katakanlah kepala daerah penyebabnya, nah yang kena sanksi kepala daerahnya. Tapi kalau inspektorat menilai yang memperlama itu DPRD-nya, ya DPRD nya yang kena sanksi," tutur Syarifuddin.

    Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD DKI dari Fraksi Gerindra M Taufik menuturkan pihaknya sudah mengirimkan surat permohonan untuk perpanjangan waktu pengumpulan RAPBD DKI 2020. Ia optimistis Kemendagri akan menerima permohonan tersebut.

    “Insyaallah pasti, dulu juga bisa begitu kita kan sampai tanggal 15 (Desember),” kata Taufik Rabu, 20 November 2019.





    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id