Pemotongan Subsidi TransJakarta Tak Pengaruhi Tarif

    Nur Azizah - 10 Desember 2019 11:52 WIB
    Pemotongan Subsidi TransJakarta Tak Pengaruhi Tarif
    Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto:Theofilus Ifan Sucipto/Medcom.id
    Jakarta: Pemotongan subsidi TransJakarta, Moda Raya Terpadu (MRT), dan Light Rail Transit (LRT) dipastikan tak akan memengaruhi harga tiket. Semua transportasi publik itu beroperasi seperti biasa.

    "Enggak (naik tarifnya), Insyaallah. Insyaallah akan berjalan semuanya seperti biasa. Jadi operasional juga tidak akan terganggu," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di terowongan Kendal, Jakarta Pusat, Selasa, 10 Desember 2019.

    Anies sudah menghitung subsidi untuk tiga moda itu. Pihak TransJakarta, MRT, dan LRT juga bisa meningkatkan pendapatan melalui iklan atau non-farebox.

    "Ini semua sudah ada di dalam perhitungan kami. Dan nanti harapannya itu pada pengelola bisa bekerja meningkatkan sumber-sumber pendapatan non-farebox," ucap dia.

    Di sisi lain, anggaran subsidi transportasi massal yang dioperasikan badan usaha milik Pemprov DKI diusulkan Rp6,741 triliun dalam rapat Badan Anggaran DPRD DKI pada 26 November 2019. Sebanyak Rp4,2 triliun untuk subsidi bus TransJakarta.

    Setelah melewati pembahasan panjang, subsidi kemudian dipangkas menjadi Rp3,1 triliun. PT TransJakarta belum menemukan formula terbaik setelah pemangkasan subsidi tersebut.

    "Masih dibahas," ujar Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transjakarta Nadia Diposanjoyo, Jakarta, Senin, 2 Desember 2019.

    Nadia belum bisa berkomentar banyak soal pemotongan subsidi. Termasuk pengaruh terhadap harga tiket. "Belum ada kesimpulan, masih dikoordinasikan," kata dia.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id