Dinkes DKI Tak Mengawasi Klinik 'Bodong'

    Cindy - 24 September 2020 11:50 WIB
    Dinkes DKI Tak Mengawasi Klinik 'Bodong'
    Ilustrasi Klinik aborsi ilegal di Senen, Jakarta Pusat. Medcom/Yurike Budiman.
    Jakarta: Dinas Kesehatan DKI Jakarta tidak mengawasi klinik yang tak berizin, seperti klinik aborsi ilegal di Jalan Percetakan Negara 3, Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Penindakan terhadap klinik tersebut menjadi tugas kepolisian.

    "Ini rumah eksekusi, bukan klinik. Tidak ada izin operasional, ini ranah kepolisian," ucap Kepala Seksi Layanan Kesehatan Dasar (Kasi Yankesar) Dinkes DKI Ratna kepada Medcom.id, Kamis, 24 September 2020.

    Polda Metro Jaya kembali mengungkap praktik aborsi ilegal di Jalan Percetakan Negara 3, Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Sebanyak 10 orang ditetapkan sebagai tersangka. Termasuk dokter.

    Ratna mengatakan dokter penindakan aborsi di klinik tersebut, DK, bukan tenaga kesehatan yang sah. DK tidak punya sertifikat kedokteran.

    Ratna menyampaikan suku dinas kesehatan kota setempat selalu melakukan bimbingan, pengawasan, dan pengendalian (binwasdal) kepada klinik-klinik yang sah. Klinik yang memenuhi persyaratan dapat diberi rekomendasi izin usaha.

    "Setelah dipastikan sumber daya manusia (SDM), sarana, alat, lokasi, tertib administrasi dan sebagainya baru (diberi izin)," kata Ratna.

    Baca: Klinik Aborsi Ilegal Cempaka Putih Jaring Pasien Secara Daring

    Menurut dia, klinik akan terus diawasi secara berkala dan berjenjang mulai dari tingkat kecamatan oleh puskesmas dan Suku Dinas Kesehatan. Klinik juga diharuskan mengirimkan laporan program kesehatan.

    "Klinik dikasih pembinaan dalam rangka perbaikan pelayanan atau akreditasi dan pertemuan rutin dalam rangka update informasi dan kinerja klinik," ujar dia.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id