Anies Butuh Pengantar 15 Menit Sampai pada Keputusan PSBB Lagi

    Medcom - 10 September 2020 08:32 WIB
    Anies Butuh Pengantar 15 Menit Sampai pada Keputusan PSBB Lagi
    Tangkapan layar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat mengumumkan DKI Jakarta PSBB lagi. Foto: Youtube Pemprov DKI Jakarta
    Jakarta: Butuh waktu 15 menit bagi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk sampai pada keputusan memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) secara total lagi pekan depan, 14 September 2020. Keputusan itu dia sampaikan pada Rabu, 9 September 2020 petang, di Balai Kota DKI Jakarta.

    Dengan nada dan intonasi yang tertata dan tidak tergesa-gesa, Anies secara runtut menjelaskan terlebih dulu kondisi terkini pandemi covid-19 di DKI Jakarta.

    Bolak-balik Anies mendekati layar di samping kanannya sekadar menunjukkan grafik turun-naik warga DKI yang terjangkit covid-19. Selama pengantar itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria berdiri tegap dengan tangan menyilang di perut.

    Selama 15 menit itu, Anies setidaknya menjelaskan tiga data penting. Pertama, angka kematian akibat covid-19. Kedua, angka keterpakaian tempat tidur isolasi yang hampir maksimal. Dan ketiga, angka keterpakaian ruang perawatan intensif (ICU) khusus covid-19 yang semakin menipis.

    Lalu tibalah pengumuman penting itu. Pantauan Medcom.id, tepat di menit ke 14:50, Anies bertutur sebagai berikut: "Maka dengan melihat kedaruratan ini, tidak banyak pilihan bagi Jakarta, kecuali untuk menarik rem darurat sesegera mungkin." 

    Baca: Tarik Rem Darurat, PSBB DKI Jakarta Kembali Seperti Awal

    Kalimat itu dia ucapkan dalam durasi 10 detik melalui satu tarikan napas. Total, pidato Anies yang diunggah di Akun Youtube Pemprov DKI Jakarta itu berdurasi 32:04. Kalimat 'menarik rem darurat' itu kemudian dilengkapi Anies dengan menyatakan, "Tidak ada pilihan bagi Jakarta kecuali untuk menarik rem darurat sesegera mungkin."
     

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id