Komisi Pengarah Minta Revitalisasi Monas Sesuai Kepres

    Nur Azizah - 05 Februari 2020 22:03 WIB
    Komisi Pengarah Minta Revitalisasi Monas Sesuai Kepres
    Revitalisasi kawasan Monas. Foto: Medcom.id/Sri Yanti Nainggolan
    Jakarta: Komisi pengarah tetap menginginkan Monumen Nasional (Monas) dibangun sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 25 tahun 1995 tentang Penataan Taman Medan Merdeka. Dalam Kepres tersebut diatur peta tata ruang sisi-sisi Monas. 

    Misalanya, sisi selatan untuk ruang terbuka hijau. Namun, saat ini bagian tersebut gundul lantaran penebangan pohon yang dilakukan Pemprov DKI dengan dalih revitalisasi.

    Sekretaris Menteri Sekretaris Negara Setya Utama mengatakan Komisi Pengarah meminta Pemprov DKI menggambarkan ulang usulan revitalisasi. Usulan akan diajukan kembali ke Komisi Pengarah.

    "Nanti dari pihak DKI akan menyampaikan usulan, akan menanam kembali di sebelah mana, sesuai lampiran itu. Kemudian kalau disetujui oleh semua anggota Komisi Pengarah, setelah itu DKI akan melanjutkan kembali revitalisasi," kata Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Negara di Gedung Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Rabu, 5 Februari 2020.

    Komisi Pengarah Minta Revitalisasi Monas Sesuai Kepres
    Monas sebelum dan sesudah revitalisasi. Foto: ANT/Aprillio Akbar

    Ia ingin fungsi Monas segera kembali seperti semula. Monas selain untuk ruang interaksi bagi publik, juga ruang vegetasi. 

    "Kita tidak mau ada yang mangkrak di situ. Sesegera mungkin harus kita putuskan ini, kembali ke lampiran Kepres nomor 25 tahun 1995," ujar dia.

    Hingga saat ini, Komisi Pengarah masih menunggu hasil desain ulang dari Pemprov DKI. Bila disetujui, maka proyek revitalisasi bakal dilanjutkan.

    "Nunggu hasil, segera, kalau besok itu disampaikan, kami akan sampaikan ke semua angota untuk dipelajari," pungkas Setya. 



    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id