Cerita Ahok saat Diminta Datang ke Makam Mbah Priok

    Eko Nordiansyah - 25 Maret 2017 09:01 WIB
    Cerita Ahok saat Diminta Datang ke Makam Mbah Priok
    Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama saat berada di makam Mbah Priok, Jakarta Utara, Selasa 14 Februari. ANT/Aprilio Akbar.
    medcom.id, Jakarta: Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama bercerita tentang proses penetapan cagar budaya makam Mbah Priok Habib Hasan Alhadad. Ahok heran melihat kompleks makam berantakan tak terawat saat pertama kali bertandang ke sana.

    Ahok diminta datang oleh sepasang suami istri yang mengaku sebagai utusan dari Habib Hasan, cucu dari Mbah Priok. Mantan Bupati Belitung Timur itu sempat berpikir, permintaan untuk datang itu berhubungan dengan penyelesaian sengketa lahan makam.

    Tapi, Ahok menemukan kejanggalan saat pertama kali menginjakkan kaki di kompleks pemakaman yang memiliki luas sekitar dua hektar itu.

    "Saya diajak masuk. Tapi pas lihat ke dalam kok tempatnya berantakan, masjidnya enggak ada plafon, kusennya sudah jelek, tanahnya becek," kata Ahok dalam program Kick Andy, Jumat, 24 Maret 2017.

    Ahok mengutarakan niatnya untuk membantu penyelesaian sengketa lahan kepada ahli waris. Ia pun memanggil PT Pelindo II serta Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk duduk bersama mencari solusi dari sengketa lahan makam Mbah Priok.

    "Saya tanya benar enggak Pelindo serahkan yang punya makam, benar ya. BPN bisa bikin sertifikat enggak? BPN bisa bikin tapi enggak bisa perorangan, gampang bisa yayasan," ungkap Ahok.

    Setelah itu, Ahok meminta dinas terkait membantu proses penetapan makam Mbah Priok sebagai cagar budaya. Lokasi makam kemudian dibersihkan dan diberikan beragam fasilitas penunjang, seperti air bersih, akses transportasi, dan penerangan.

    "Tanya saja Habib Sting (kalau itu pencitraan). Ada lagi yang bilang bercanda siapa yang bangun semua ini? Mereka jawab Ahok. Ahok siapa? Ahok yang kalian benci itu," ujar Ahok sambil tertawa.




    (DRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id