Dalih Anies Soal Pembangunan Hotel di TIM

    Cindy - 26 November 2019 09:31 WIB
    Dalih Anies Soal Pembangunan Hotel di TIM
    Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan - Medcom.id/Siti Yona Hukmana.
    Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membantah akan membangun hotel bintang lima di kawasan Taman Ismail Marsuki (TIM), Jakarta. Anies berdalih hanya akan membangun wisma seniman. 

    "Wisma seniman itu namanya," kata Anies di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin, 25 November 2019. 

    Anies menjelaskan wisma untuk menampung para seniman mancanegara yang berkegiatan di Jakarta. Dengan begitu, para seniman tak perlu menyewa penginapan. 

    "Ketika seniman dan budayawan dari berbagai tempat di dunia datang, mereka pun dapat tinggal di dalam wisma, tinggal di dalam kompleks TIM. Tidak perlu berada di luar," jelas Anies. 

    Anies menerangkan revitalisasi TIM juga dilakukan agar menjadi pusat kebudayaan tingkat nasional hingga internasional. Dia mau TIM menjadi tempat pertunjukan, sekaligus menginap bagi seniman. 

    "Karena memang ini sebagai sebuah ekosistem kegiatan kebudayaan. Wisma untuk seniman itu pun dirancang nantinya tempat yang bernuansa kegiatan kebudayaan," terang Anies. 

    Anies menilai tempat menginap seniman ini sama dengan wisma atlet di Senayan. Bedanya, wisma atlet untuk para olahragawan, sedangkan wisma di TIM untuk seniman.

    "Para seniman bisa berada di sana selama 24 jam dari seluruh dunia, dari seluruh Indonesia," kata mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu. 

    Anies juga membantah ingin komersialisasi kawasan TIM dengan membangun penginapan untuk seniman.

    "Ini justru untuk menampung agar seniman-seniman yang datang itu tinggalnya berada di dalam satu ekosistem," ujar Anies. 

    Proses revitalisasi TIM memakan biaya hingga Rp1,8 triliun. Revitalisasi akan menggunakan penyertaan modal daerah (PMD) Jakpro yang masuk dalam APBD DKI Jakarta.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id