Transjakarta Rute Cipulir-Lebak Bulus Diharapkan Memperluas Jangkauan

    Annisa ayu artanti - 09 November 2019 06:01 WIB
    Transjakarta Rute Cipulir-Lebak Bulus Diharapkan Memperluas Jangkauan
    Bus TransJakarta. Foto: MI/Galih Pradipta
    Jakarta: PT Transportasi Jakarta membuka rute baru yakni Pasar Sayur Cipulir-Lebak Bulus. Rute ini diberi kode Jak 49 untuk melayani warga agar terhubung dengan transportasi umum.  

    "Layanan ini telah beroperasi sejak Kamis 7 November kemarin," kata Pelaksana tugas Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta A Mufti melansir Antara, Sabtu, 9 November 2019.

    Ia mengatakan, Jak 49 merupakan Mikrotrans atau bus berukuran sedang. Ukuran bus ini lebih kecil dari bus Transjakarta yang melayani rute reguler.

    Mikrotrans Jak 49, kata dia, berfungsi sebagai kendaraan pengumpan yang menghubungkan warga dengan halte Transjakarta dan moda transportasi lainnya.

    "Rute baru ini kami buka agar warga DKI Jakarta bisa beralih ke transportasi umum dan dari titik rumah ke tujuan aktivitas hariannya seperti pasar, sekolah dan lainnya," ucapnya.

    Menurut Mufti, rute baru ini sebagai salah satu langkah Transjakarta untuk memperluas jangkauan layanan kepada masyarakat. Selain ke pasar Cipulir, rute ini juga tersambung ke Transjakarta koridor 8, yakni Lebak Bulus-Harmoni.

    "Selanjutnya bisa naik MRT dari Stasiun Lebak Bulus sampai ke Bunderan HI. Bukan hanya di jalan-jalan yang dapat dilalui bus sedang ini, kini makin terintegrasi," ujarnya.

    Mikrotrans Jak 49 saat ini tersedia sebanyak 20 unit armada dengan tarif masih Rp0 rupiah. Waktu layanan Mikrotrans Jak 49 sama seperti rute-rute Transjakarta reguler yakni pukul 05.00 WIB sampai dengan 22.00 WIB.

    Transjakarta menargetkan untuk setiap rute Mikrotrans Jak 49 dapat mengangkut warga sekitar dengan layanan operasionalnya sekitar 2.000 hingga 3.000 per hari.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id