15 Tahun Warga Kampung Maja Kalideres Krisis Air

    Antara - 19 September 2019 17:31 WIB
    15 Tahun Warga Kampung Maja Kalideres Krisis Air
    Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal
    Jakarta: Warga Kampung Maja, Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat, dihantui krisis air bersih selama 15 tahun. Mereka masih menunggu realisasi saluran air dari Pemerintah Kota Jakarta Barat. 

    "Pengajuannya sudah lebih dari 15 tahun yang lalu melalui RW lama tapi belum pernah ada realisasinya," kata Ketua RW 09 Kampung Maja Abdulrozak Zakaria di Jakarta, Kamis, 19 September 2019.

    Menurut dia, warga memanfaatkan air tanah dan air Kali Maja yang dulunya untuk irigasi persawahan. Namun, kualitas air di kawasan itu memburuk sejak Kali Maja terkontaminasi limbah air perumahan. 

    Kekeringan di Kali Maja yang membentang sepanjang Jalan Jambu Air itu berdampak pada surutnya air tanah. Warga pun sulit mencari air yang mudah dan murah untuk mencuci dan mandi.

    Di musim kering, air bersih bisa sangat mahal jadi belasan ribu untuk dipakai per harinya. Sekali pikulan air untuk dua jeriken besar dihargai Rp5.000 oleh penjual air keliling.

    Rozak heran kondisi ini bisa menimpa Kampung Maja yang masih kawasan perkotaan. Hingga saat ini, wilayahnya belum tersuplai aliran air dari PAM Jaya. Saluran air dari perusahaan swasta hanya masuk ke perumahaan elite.

    Dia mengatakan Kelurahan Pegadungan sudah rapat dengan PAM Jaya. Hasilnya, penggalian pipa untuk saluran air PAM Jaya dilakukan Oktober 2019.   

    "Jadi kami berharap kepada Pak Wali Kota (Rustam Effendi), Gubernur (Anies Baswedan), segeralah dibantu karena kami ini di Jakarta Barat, masa tidak tersuplai air PAM Jaya," pinta Rozak.



    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id