Ombudsman Jakarta Usul 1 Ayat Pergub PPDB Dicabut

    Antara - 09 Juni 2021 02:01 WIB
    Ombudsman Jakarta Usul 1 Ayat Pergub PPDB Dicabut
    Ilustrasi sekolah sebelum pandemi. Foto: MI/Bary Fathahillah



    Jakarta: Ombudsman Jakarta Raya mengusulkan kepada Pemprov DKI mencabut ayat 2 Pasal 10 Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 32 tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Hal ini menyusul adanya hambatan teknis.

    "Kegagalan provider dalam mengantisipasi kekurangan sarana dan prasarana penyelenggaraan PPDB daring ini berimplikasi pada sistem penilaian dalam jalur prestasi akademik dan nonakademik," kata Kepala Perwakilan Ombudsman Jakarta Raya Teguh P Nugroho di Jakarta, Selasa, 8 Juni 2021.

     



    Sesuai Pasal 10 ayat 2 Petunjuk Teknis PPDB DKI 2021, jika pendaftar calon peserta didik baru jalur prestasi melebihi kuota, salah satu nilai pembobotan yang dipergunakan ialah waktu pendaftaran. Hal itu menimbulkan diskriminasi bagi calon peserta yang tidak dapat mendaftar lebih awal karena kegagalan sistem.

    Baca: Anies Pastikan Seleksi PPDB Adil

    Kondisi itu, kata dia, menyebabkan mereka tersisih dari kecepatan waktu pendaftaran bukan karena kemalasan atau kehendak mereka sendiri. Solusi agar tidak terjadi diskriminasi terhadap nilai pembobotan tersebut, lanjut dia, bisa dilakukan dengan mencabut ayat 2 Pasal 10 Petunjuk Teknis PPDB 2021 tersebut.

    "Selain itu, bisa dilakukan proses pendaftaran ulang mulai dari awal untuk jalur prestasi, namun harus dengan kepastian Telkom selaku provider sanggup memberikan dukungan pelayanan agar tidak terjadi lagi kendala seperti di hari pertama PPDB," ujar Teguh.

    Ombudsman Jakarta Raya meminta Disdik Jakarta memastikan terlebih dahulu kemampuan Telkom dalam pelayanan pendaftaran di jalur afirmasi bagi siswa menengah dan jalur zonasi. Pendaftaran di dua jalur tersebut jauh lebih kompleks dibanding dengan jalur prestasi.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id