Gerindra: Keputusan Wagub DKI di Tangan Prabowo

    Whisnu Mardiansyah - 19 September 2018 13:42 WIB
    Gerindra: Keputusan Wagub DKI di Tangan Prabowo
    Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Foto: Medcom.id/Whisnu Mardiansyah.
    Jakarta: Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan pengganti Sandiaga Uno sebagai wakil gubernur (wagub) DKI Sandiaga akan diputuskan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Hal ini menanggapi polemik Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Gerindra DKI yang saling ngotot mengincar posisi wagub.

    "Keputusan kepala daerah bupati, wakil bupati, gubernur wakil gubernur, bahkan presiden dan wakil presiden yang diajukan dari Partai Gerindra, menurut AD/ART ada pada keputusan Dewan Pembina yaitu Pak Prabowo," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu, 19 September 2018.
    Menurut dia, klaim dari salah satu pihak yang menyatakan diri telah dipilih menjadi wagub juga belum final. Hingga saat ini, Prabowo belum memutuskan nama pengganti Sandi.

    "Kita tunggu saja keputusan Ketua Dewan Pembina (Prabowo), yang biasanya sebelum diputuskan di-share ya, disampaikan ke anggota Dewan Pembina, dan itu tahapan yang tadi saya sampaikan, belum sampai tahapan itu," jelas Dasco.

    Klaim politikus Gerindra Muhammad Taufik telah ditunjuk menggantikan Sandi, kata Dasco, masih sebatas putusan dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra DKI Jakarta. Keputusan final ada di Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerindra.

    "Itu juga bergantung keputusan dari Ketua Dewan Pembina sebagai mandataris tertinggi berdasarkan AD/ART Gerindra," pungkas dia.

    Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah  Kementerian Dalam Negeri Sumarsono menyebut keputusan presiden (keppres) terkait pengunduran diri Sandiaga Uno sebagai wagub telah terbit. Keppres juga sudah dikirim ke Gubernur DKI Anies Baswedan melalui Biro Pemerintahan DKI.

    Baca: NasDem Tunggu Gerindra dan PKS Soal Posisi Wagub DKI

    "Sudah diserahkan ke Gubernur DKI," kata Sumarsono saat dihubungi, Jakarta, Selasa, 18 September 2018.

    Soni, sapaan karib Sumarsono, menyebut setelah keppres diserahkan Anies harus menyerahkannya kepada Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi. Dengan begitu, proses pengisian jabatan wakil gubernur bisa segera dilakukan.

    Saat ini, partai pengusung sudah berhak mengusulkan nama calon pengganti Sandi. Masing-masing partai pengusung hanya diberikan kuota untuk mengirim satu nama.

    "Setelah itu diteruskan ke Ketua DPRD untuk dipilih satu dari dua pilihan," terang dia.




    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id