Demokrat Dukung Rencana Anies Menjual Saham Bir di Delta Djakarta

    Putri Anisa Yuliani - 06 April 2021 13:06 WIB
    Demokrat Dukung Rencana Anies Menjual Saham Bir di Delta Djakarta
    Gedung DPRD DKI Jakarta. Foto: MI/Panca Syurkani



    Jakarta: Fraksi Partai Demokrat DPRD DKI Jakarta mendukung rencana Gubernur DKI Anies Baswedan untuk menjual saham di perusahaan bir, PT Delta Djakarta Tbk. Kebijakan itu diputuskan DPD Partai Demokrat DKI.

    "Iya berdasarkan arahan dari Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta (Santoso), kami setuju," kata anggota Fraksi Partai Demokrat Mujiyono saat dihubungi, Selasa, 6 April 2021.






    Ada beberapa catatan yang diberikan Partai Demokrat untuk Pemprov DKI dalam melakukan proses penjualan saham 26,25 persen tersebut. Pertama, Pemprov DKI harus mendapatkan persetujuan dari DPRD DKI.

    "Karena ini bisa dikatakan adalah penjualan aset DKI maka harus mendapatkan persetujuan dari DPRD," kata Ketua Komisi A DPRD DKI itu.

    Baca: Legislator PKS DKI Dorong Anies Pakai Diskresi Jual Saham PT Delta

    Kedua, proses penjualan saham itu harus transparan, akuntabel, dan profesional. Tidak boleh ada broker atau calo yang terlibat dalam penjualan saham.

    Ketiga, Pemprov DKI Jakarta harus mempersiapkan regulasi pengawasan dan pengendalian peredaran minuman keras setelah tak lagi memiliki saham di PT Delta Djakarta Tbk. Pemprov DKI akan total menjadi regulator peredaran miras di Ibu Kota.

    Mujiyono juga memperkirakan PT Delta Djakarta Tbk akan semakin gencar mempromosikan minuman keras yang diproduksi karena tak ada saham Pemprov DKI. "Regulasi pengawasan harus benar-benar dibenahi. Harus dikontrol siapa yang boleh jual, di mana, siapa yang boleh beli, dan sebagainya. Karena menurut saya, mereka pastinya setelah Pemprov DKI enggak ada kepemilikan di situ, mereka akan lebih eksplor lagi," ujarnya.

    Pemprov DKI berencana menjual saham di PT Delta Djakarta Tbk sebagai bagian dari upaya pemenuhan janji kampanye Anies. Namun, upaya ini selalu gagal lantaran pimpinan DPRD DKI menolak rencana itu.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id