Warga DKI Menerima Bantuan Sosial Tunai Selama 4 Bulan

    Fachri Audhia Hafiez - 04 Januari 2021 20:03 WIB
    Warga DKI Menerima Bantuan Sosial Tunai Selama 4 Bulan
    Ilustrasi. AFP
    Jakarta: Warga DKI Jakarta tidak lagi menerima bantuan sembako mulai 2021. Pemerintah akan mengganti dengan bantuan sosial tunai (BST) senilai Rp300 ribu.

    "Diberikan selama empat bulan berturut-turut, terhitung sejak Januari hingga April 2021," kata Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Irmansyah, dalam keterangan tertulis, Senin, 4 Januari 2021.

    Bantuan ada yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Kementerian Sosial. Mekanisme penyalurannya melalui PT Pos Indonesia.

    Ada pula bantuan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Bantuan disalurkan melalui PT Bank DKI. 

    Namun, BST tidak untuk penerima bantuan program keluarga harapan (PKH) dan bantuan pangan non tunai (BPNT). Data penerima BST 2021 bersumber dari Kemensos dan Pemprov DKI.

    BST merupakan satu dari tiga jenis bansos yang akan disalurkan Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan pemerintah pusat. Bansos lainnya, yakni program keluarga harapan (PKH) yang penyalurannya melalui rekening BNI. 

    "Bantuan PKH ini akan disalurkan dalam empat tahap, yakni Januari, April, Juli, dan Oktober 2021," ujar Irmansyah.

    Baca: Anies: Bansos Bukan untuk Beli Rokok

    Program ini menyasar keluarga yang di dalamnya terdapat ibu hamil, anak usia dini, anak sekolah, penyandang disabilitas, hingga lanjut usia. Besar bantuan di setiap keluarga bervarisasi sesuai dengan kelompok sasaran penerima bantuan yang dimiliki. Setiap keluarga maksimal empat kelompok sasaran.

    Pemprov DKI Jakarta juga memiliki bantuan serupa yang bersumber dari APBD. Seperti, Kartu Jakarta Pintar (KJP) untuk anak sekolah, Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ) bagi disabilitas, Kartu Lansia Jakarta (KLJ) bagi lansia, dan Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan APBD.

    Kemudian, program sembako atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Kader pemberdayaan manusia (KPM) akan mendapatkan bantuan senilai Rp200 ribu per bulan per kepala keluarga.

    "Bantuan tersebut akan disalurkan melalui BNI, mulai Januari sampai dengan Desember 2021 untuk dibelanjakan di e-warong," kata dia.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id