RT dan RW di DKI Bakal Dapat Rp250 Ribu per Bulan Tangani Covid-19

    Putri Anisa Yuliani - 28 Januari 2021 15:51 WIB
    RT dan RW di DKI Bakal Dapat Rp250 Ribu per Bulan Tangani Covid-19
    Ilustrasi. AFP



    Jakarta: Dana operasional Gugus Tugas Covid-19 di level rukun tetangga (RT) dan rukun warga (RW) di DKI Jakarta yang dianggarkan pada 2020 sebesar Rp8,3 miliar diperkirakan baru bisa cair di 2021. Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD DKI mendesak Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI segera mencairkan dana tersebut secara tunai.

    Sekretaris Fraksi PKS Achmad Yani mengatakan dana tersebut akan dibagikan ke 30.470 RT dan 2.741 RW di Jakarta. Dengan begitu, setiap kelompok akan mendapatkan Rp250 ribu tiap bulan.




    “Dana tunai ini sangat bermanfaat bagi Gugus Tugas RT/ RW yang sudah hampir 10 bulan bertugas menangani warganya yang terkena musibah covid-19,” ujar Yani, Jakarta, Kamis, 28 Januari 2021.

    Yani mendapatkan informasi tim Gugus Tugas RT/RW tidak mendapatkan dana tersebut dalam bentuk uang tunai. Bantuan itu diberikan dalam bentuk barang dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI, seperti alat pengukur suhu badan, desinfektan atau cairan kimia untuk sterilisasi, alat penyemprot, hingga alat pelindung diri (APD).

    “Sangat disayangkan jika hanya barang karena sebagian RT/ RW juga sudah memilikinya dan mudah mendapatkannya,” kata wakil rakyat dari dapil Jakarta VIII ini.

    Baca: Ombudsman Terima 1.621 Laporan Terkait Pandemi, 83% Soal Bansos

    Yani menyarankan bantuan itu diberikan dalam bentuk uang tunai. Jika nontunai, Gugus Tugas RT/RW tidak dapat mengelolanya untuk masyarakat yang terkena covid-19. Apalagi, sebagian wilayah yang warganya terkena covid-19 mengisolasi mandiri di rumah karena rumah sakit rujukan di Wisma Atlet, RSUD, dan rumah dinas sudah hampir penuh.

    “Kita sangat mengapresiasi kerja-kerja Gugus Tugas RT dan RW yang sudah luar biasa, sehingga dana tersebut dapat dimanfaatkan oleh mereka meskipun nilainya masih terbilang kecil, semoga Gubernur Anies dapat melihat kondisi ini,” ujar dia.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id