Pembangunan Infrastruktur Pengendalian Banjir Diminta Dipercepat

    Selamat Saragih - 28 September 2020 07:12 WIB
    Pembangunan Infrastruktur Pengendalian Banjir Diminta Dipercepat
    Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/Medcom.id/Cindy.
    Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta dinas terkait khususnya Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta mempercepat pembangunan infrastruktur pengendalian banjir dalam rangka mengantisipasi banjir yang akan datang. Infrastruktur tersebut mencakup perbaikan pompa-pompa pada sistem polder, pompa mobil, waduk, tanggul pengaman pantai, dan sistem drainase.

    Hal ini disampaikan Anies dalam Instruksi Gubernur Nomor 52 Tahun 2020 tentang Percepatan Peningkatan Sistem Pengendalian Banjir pada Era Perubahan Iklim. Ingub ini ditandatangani Anies pada 15 September 2020.

    "Dinas Sumber Daya Air DKI dan jajarannya diinstruksikan agar mempercepat penyelesaian infrastruktur pengendalian banjir dengan target selesai pada Desember 2021," kata Anies dalam Ingub tersebut, Jakarta, Minggu 27 September 2020.

    Pertama, kata Anies, memperbaiki pompa-pompa di sistem polder dan penyiapan pompa mobil, dengan target selesai pada 2020. Kedua, sistem polder dan pompa diperbaiki adalah polder Kelapa Gading (Betik dan Artha Gading), polder Muara Angke, polder Teluk Gong, polder Green Garden, polder Pulomas, sub polder Marunda (JGC-Metland), polder Mangga Dua, polder Cengkareng, polder Kamal, dan polder Kedoya Taman Ratu Green Ville.

    Ketiga, waduk Pengendali Banjir di Hulu Jakarta, yakni Waduk Cimanggis, Waduk Kampung Rambutan, Waduk Pondok Ranggon, Waduk Brigif, Waduk Lebak Bulus, Waduk Situ Mangga Bolong, Waduk Jatipadang, Waduk Jatikramat, dan Embung Wirajasa. Keempat, tanggul pengaman pantai yang mencakup, segmen Muara Angke, segmen Blencong, segmen Sunda Kelapa, segmen Tanjung Priok, segmen Pantai Mutiara, dan segmen Kamal Muara.

    Kelima, pembangunan sistem drainase yaitu sistem drainase Semanggi-Atmajaya, sistem drainase Dl Panjaitan (Cawang), sistem Drainase Balai Kartini, sistem drainase Green Garden Jalan Panjang, dan sistem drainase Sunter Utara.

    Baca: Pengerukan Lumpur di Jakarta Utara Berlanjut Hingga Akhir September

    Anies juga menginstruksikan Dinas SDA DKI menyelesaikan pembebasan lahan untuk peningkatan kapasitas tampungan sungai Pesanggrahan, Ciliwung, Angke, Sunter dan Jatikramat dengan target pada 2021 dan melaksanakan percepatan koordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
     

    Halaman Selanjutnya
    Dinas SDA DKI juga, kata…
    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id