Pemilik Mobil Terkait Balap Liar Senayan dalam Pengejaran Polisi

    Christian - 13 November 2020 17:01 WIB
    Pemilik Mobil Terkait Balap Liar Senayan dalam Pengejaran Polisi
    Balap mobil liar terekam dalam video. Foto: Istimewa
    Jakarta: Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya memastikan tak akan membiarkan pihak-pihak yang terlibat dalam balap liar di Jalan Gerbang Pemuda, Senayan, Jakarta Pusat, lolos. Pemilik mobil tengah dikejar polisi. 

    "Yang terlibat pada (balap liar) Jumat dini hari sedang kita buru," ucap Kepala Subdirektorat Penegakan Hukum (Kasubdit Gakkum) Ditlantas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Fahri Siregar saat dihubungi, Jumat, 13 November 2020.

    Menurut dia, balap liar tidak berizin itu sudah melanggar Pasal 115 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Aturan ini melarang pengemudi melebihi batas kecepatan dan berbalapan.

    "Jeratan hukum pidana sudah pasti ada buat para pembalap liar tersebut. Mereka juga sudah melanggar ketertiban umum," tegas dia.

    Baca: Polisi Tak Segan Menggunakan Tindakan Represif Bubarkan Balap Liar di Jakarta

    Di samping pengejaran, Fahri mengatakan pihaknya akan melancarkan patroli lebih giat lagi mencegah balap liar. Penempatan personel di lokasi yang rawan balap liar juga dilakukan demi mencegah aksi ini terulang.

    "Kami kerahkan 30 personel yang diterjunkan dalam mengantisipasi balap liar di DKI Jakarta," jelas dia.

    Terkait balap liar di Senayan, Jumat, pukul 01.30 WIB, itu, Fahri mengaku sejatinya polisi rutin berpatroli. Namun, pelaku memang kerap kucing-kucingan dengan polisi. 

    "Patroli itu mutar-mutar di wilayah petugas kami. Ketika tidak ada polisi, mereka para pembalap liar langsung lakukan aksinya," ucap dia.

    Balap liar di Senayan menjadi buah bibir di media sosial. Masalah ini disinggung akun Twitter @_MpaR yang mengunggah video kemacetan imbas balap lair itu.

    "Jalan Gerbang Pemuda, depan Gedung Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olahraga) ditutup buat balap liar mobil. Jumat dini hari pukul 01.30 WIB. Banyak penonton, pengendara yang melintas enggak bisa lewat disuruh tunggu kelar start," cuit akun @_MpaR.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id