Revisi Perda Penanggulangan Covid-19 DKI Ditargetkan Rampung Akhir Juli

    Fachri Audhia Hafiez - 22 Juli 2021 12:00 WIB
    Revisi Perda Penanggulangan Covid-19 DKI Ditargetkan Rampung Akhir Juli
    Ilustrasi Gedung DPRD DKI Jakarta. MI/Panca Syurkani



    Jakarta: DPRD DKI Jakarta menerima usulan perubahan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Covid-19. Dokumen akan dibahas Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) dan ditargetkan rampung akhir Juli 2021.

    "Bapemperda DPRD DKI bersama eksekutif terkait akan segera mencermati dan menyampaikan hasilnya pada Paripurna, Kamis, 29 Juli 2020 pukul 10.00 WIB," kata Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Mohamad Taufik dikutip dari laman DPRD DKI Jakarta, Kamis, 22 Juli 2021.

     



    Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengusulkan revisi Perda Nomor 2 Tahun 2020 karena aturan yang tertuang belum memberikan efek jera bagi pelanggar protokol kesehatan (prokes). Hal itu terlihat dari meningkatnya data kasus terkonfirmasi positif covid-19 dan bertambahnya pasien yang meninggal.

    Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) menuturkan terdapat tiga poin yang akan ditambahkan dalam Perda tersebut. Yakni, kolaborasi penegak hukum dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam melakukan penyidikan, pemberian sanksi administratif sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) oleh perangkat daerah, dan penjatuhan sanksi pidana bagi masyarakat yang berulang kali melanggar prokes.

    Baca: Penyekatan Masih Berlaku di Masa PPKM Level 4

    Pelanggar yang mengulangi kesalahan seperti tidak memakai masker akan dipidana kurungan paling lama tiga bulan atau denda maksimal Rp500 ribu. Sementara itu, bagi pelaku usaha akan dijatuhkan pidana penjara tiga bulan atau denda maksimal Rp50 juta.

    "Pemidanaan juga tidak hanya untuk memenjarakan pelaku, tetapi juga bertujuan untuk melindungi individu dari penularan covid-19," ucap Ariza di Jakarta, Rabu, 21 Juli 2021.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id