Pemilihan Wagub DKI Dilaksanakan Jumat 27 Maret

    Cindy - 24 Maret 2020 18:46 WIB
    Pemilihan Wagub DKI Dilaksanakan Jumat 27 Maret
    Ilustrasi Gedung DPRD DKI Jakarta. MI/Panca Syurkani
    Jakarta: DPRD DKI Jakarta tetap melaksanakan pemilihan wakil gubernur DKI Jakarta. Pemilihan dilaksanakan Jumat, 27 Maret 2020, pukul 13.00 WIB.

    "Dengan situasi seperti ini Gubernur (Anies Baswedan) perlu pendamping," kata Wakil Ketua Panitia Pemilihan (Panlih) Wagub DKI Jakarta Basri Baco saat dihubungi, Jakarta, Selasa, 24 Maret 2020.

    Baco mengungkapkan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi telah mengeluarkan surat untuk diadakan Rapat Badan Musyawarah (Bamus). Rapat merupakan syarat sebelum dilaksanakan pemilihan.

    Rapat bakal digelar sehari sebelum pemilihan, pukul 13.00 WIB. Dia menuturkan dalam Rapat Paripurna pemilihan wagub DKI jumlah legislator yang hadir dibatasi tidak lebih dari 200 orang.

    (Baca: Proses Pemilihan Dikebut, Sesi Tanya Jawab Cawagub DKI Dipangkas)

    Pemilihan tidak akan menggelar sesi tanya jawab antarfraksi dengan calon wagub DKI. "Langsung pemilihan. Visi misi berbentuk turorial atau live streaming. Intinya Paripurna itu hanya pemilihan, dua cawagub juga hadir," beber Baco.

    Dia menyebut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah diundang  menghadiri pemilihan. Teknis pemilihan tetap tertutup dengan metode satu pemilih satu suara.

    Rapat Bamus sempat ditunda. Seharusnya rapat dilaksanakan pada Senin, 23 Maret 2020. Keputusan diambil untuk mengantisipasi penyebaran virus korona (covid-19).

    Kursi wagub DKI kosong sejak Agustus 2018. Jabatan wagub ditanggalkan Sandiaga Uno yang memilih mengikuti Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Ada dua kandidat yang bakal berebut kursi DKI 2, yakni Ahmad Riza Patria dari Gerindra dan Nurmansjah Lubis yang diusulkan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id