16 Kelurahan di DKI Belum Punya Puskesmas

    Selamat Saragih - 08 Desember 2019 18:33 WIB
    16 Kelurahan di DKI Belum Punya Puskesmas
    Puskesmas Lebak Bulus. Foto: Medcom.id/Faisal Abdalla
    Jakarta: Sebanyak 16 kelurahan di DKI Jakarta belum memiliki puskesmas. Padahal, puskesmas berfungsi sebagai pusat pelayanan kesehatan pertama untuk diakses masyarakat.

    "Benar, masih ada 16 kelurahan belum punya puskesmas," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastusti, dalam rapat bersama Komisi E DPRD DKI, di Gedung DPRD DKI Jakarta, Minggu, 8 Desember 2019.

    Ketua Komisi E, Iman Satria, pun menanyakan kendala membangun puskesmas di 16 kelurahan itu. Widyastusti menyebut masalah lahan menjadi penyebab tidak tersedianya pusat layanan kesehatan di kelurahan tersebut.

    Kelurahan yang tidak memiliki puskesmas antara lain Kelurahan Kebon Kacang, Kelurahan Gondangdia, Kelurahan Cikini, Kelurahan Senen, Kelurahan Gunung Sahari Selatan, Kelurahan Kemayoran, Kelurahan Gambir, Kelurahan Duri Selatan, dan Kelurahan Tanah Sereal.

    Widyastusti memastikan Pemprov DKI tetap berupaya menyediakan layanan kesehatan untuk masyarakat meski tidak selengkap pelayanan di puskesmas. "Iya belum ada puskesmas tapi sudah ada posko kesehatan, sifatnya masih temporer. Bangunan fisik sudah ada tapi belum berstandar puskesmas," kata Widyastuti.

    Dinas Kesehatan DKI akan mengusahakan kembali pembangunan puskesmas di 16 kelurahan tersebut. "Nanti kita lihat lagi di sana semoga masih ada lahan punya pemprov yang bisa kita gunakan," kata Widyastuti.

    Di sisi lain, Widyastuti mengatakan hingga akhir 2019, sebanyak 289 kelurahan sudah memiliki layanan puskesmas yang terjangkau bagi masyarakat.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id