Disdik DKI Sudah Revisi Anggaran Lem Aibon

    Cindy - 05 Desember 2019 23:58 WIB
    Disdik DKI Sudah Revisi Anggaran Lem Aibon
    iIlustrasi. Foto: MI/Arya Manggala
    Jakarta: Dinas Pendidikan DKI Jakarta mengaku komponen anggaran janggal seperti lem aibon yang sempat viral sudah direvisi. Komponen sudah sesuai dengan kebutuhan 2.100 sekolah di Ibu Kota.

    "Udah enggak ada, itu masih komponen sementara yang dilakukan oleh Suku Dinas. Lem aibon itu kan untuk belanja operasional sekolah (BOP) seluruh Jakarta Barat untuk SD," kata Plt Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Syaefuloh Hidayat di DPRD DKI, Jakarta Pusat, Kamis, 5 Desember 2019.

    Syaefuloh menuturkan proses memasukan data anggaran memakan waktu. Sekolah harus memasukan data kebutuhan, setelah itu Suku Dinas Pendidikan akan memverifikasi apakah komponen sudah sesuai dengan kebutuhan.

    "Lalu Dinas Pendidikan juga melakukan penyisiran lagi. Misalnya ada sekolah kok konsumsinya gede banget, sekolah ini kasih warning merah," ujarnya.

    Syaefuloh mencontohkan sejumlah kasus sekolah yang memasukan komponen anggaran hewan kurban. Pihaknya mendapati bahwa komponen itu ternyata digunakan untuk praktek siswa.

    "Ternyata untuk praktek siswa bikin kambing guling, anak SMK tataboga. Hal-hal kayak gitu kita lakukan. Misalnya ada SD menganggarkan paku pentul. Ya memang betul butuh tapi volumenya kita sesuaikan," terang Syaefuloh.

    Sebelumnya, Anggota DPRD DKI Fraksi PSI William Aditya Sarana menemukan kejanggalan penyusunan anggaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. William menemukan anggaran Rp82 miliar untuk pembelian lem Aibon dalam rancangan KUA-PPAS 2020.

    "Kenapa lem Aibon dan kenapa angkanya besar sekali? Saya minta Gubernur (Anies Baswedan) jelaskan. Jangan buang badan ke anak buah," kata William di Jakarta, Rabu, 30 Oktober 2019.

    William menilai Jakarta memasuki situasi kritis. Ia menilai ada banyak kejanggalan dalam proses penyusunan anggaran. Anggaran dinilai tak transparan. Politikus PSI itu menuding Anies lalai tak mengacuhkan tugasnya menyusun anggaran.'



    (BOW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id