Kamera Tilang Elektronik di Tol dan Busway Masih Uji Coba

    Yurike Budiman - 13 Januari 2020 12:25 WIB
    Kamera Tilang Elektronik di Tol dan Busway Masih Uji Coba
    Ilustrasi tilang elektronik. ANT/Nova Wahyudi.
    Jakarta: Sebanyak 12 kamera tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) yang berada di jalan tol Ibu Kota dan jalur busway masih dalam uji coba. Kamera tersebut akan menangkap pelanggaran lalu lintas di ruas-ruas tersebut.

    "Ada enam kamera lagi yang juga masih diuji coba dari Jasa Marga. TransJakarta itu (juga) ada enam kamera yang sekarang lagi uji coba," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin, 13 Januari 2020.

    Yusri belum bisa membeberkan lokasi tol-tol yang akan dipasangkan kamera tilang elektronik. Dia akan melihat kembali datanya.

    Berdasarkan data National Traffic Management Center (NTMC) Polri, sudah ada empat kamera milik Jasa Marga yang terpasamg di empat titik berbeda. Titik tersebut ialah Tol Prof. Dr. Ir. Sedyatmo, Tanjung Duren, Jakarta Outer Ring Road (JORR), dan Cikampek.

    Di sisi lain, sebanyak 45 kamera tilang elektronik tambahan juga akan dipasang pada Februari 2020. Kamera tersebut akan ditempatkan di ruas ganjil genap. "Insyaallah Februari nanti 45 sudah terpasang seluruhnya," ujar dia.

    Kamera tambahan ini merupakan hibah dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta senilai Rp38,5 miliar. Kamera ini mampu menjangkau semua kendaraan dalam radius 20 hingga 30 meter dari titik penempatan kamera. Kamera dapat menangkap gambar dan merekam gerak pengemudi.





    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id