Melihat Tempat Bermain Obama dan Gus Dur

    Nur Azizah - 30 September 2016 15:23 WIB
    Melihat Tempat Bermain Obama dan Gus Dur
    Taman Amir Hamzah. Foto: MTVN/Nur Azizah
    medcom.id, Jakarta: Taman Amir Hamzah di Jakarta Pusat, tidak pernah sepi aktivitas. Pagi hingga malam, setiap hari, ada saja masyarakat yang mengadakan acara di sana.

    Ya, Taman Amir Hamzah kini jadi idola. Pemerintah DKI Jakarta memperbaiki fasilitas taman yang terletak di Kelurahan Pegangsaan, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, tersebut pada 2014.

    Fasilitas di Taman Amir Hamzah seperti lintasan lari, lapangan batminton, lapangan voli, lapangan basket, arena bermain anak, bangku taman, lampu taman, empat unit pergola, dan kolam air mancur.

    Amir Hamzah adalah seorang sastrawan keturunan Kesultanan Melayu Langkat, Sumatera Utara. Taman Amir Hamzah punya nilai sejarah.

    Dilansir jakarta.go.id, di taman inilah Barack Obama kecil bermain. Pada 1970-1971, orang tua Obama menyewa rumah paviliun di Jalan Taman Amir Hamzah Nomor 22. Obama kecil suka bermain gulat, bermain sepeda dengan teman-teman atau mengajak anjing kesayangannya Janggo berkeliling di taman ini.

    Melihat Tempat Bermain Obama dan Gus Dur
    Foto: beritajakarta

    Abdurrahman Wahid atau dikenal dengan Gus Dur juga pernah tinggal di depan Taman Amir Hamzah. Tempat tinggal Gus Dur kini menjadi kantor The Wahid Institute. Di taman ini, Gus Dur sering bermain dan membaca buku.

    Waktu terus berjalan, Obama sudah jadi Presiden Amerika Serikat, Gus Dur jadi orang nomor satu di negeri ini. Sementara, Taman Amir Hamzah, tempat Obama dan Gus Dur kecil berekspresi tidak diurus.

    Rumput liar bertumbuhan. Coretan tangan iseng terlihat di mana-mana. Fasilitas publik banyak yang rusak. Malam hari, tempat ini jadi pilihan muda-mudi memadu kasih lantaran penerangan remang-remang.

    Per 2015, Taman Amir Hamzah yang luasnya sekitar seribu meter persegi kembali hidup. Fasilitas publik tidak hanya diperbaiki, tetapi juga dikembangkan. Pohon-pohon menjulang memanjakan warga yang duduk di kursi besi.

    Bersih sudah pasti. Pengunjung tidak sulit menemukan tempat sampah. Petugas kebersihan standby di beberapa titik. Daya tarik lainnya adalah di Taman Amir Hamzah ada patung Gus Dur.

    Melihat Tempat Bermain Obama dan Gus Dur
    Seorang anak melihat patung Gus Dur kecil di Taman Amir Hamzah, Rabu 24 Februari 2016. Antara Foto/Widodo S. Jusuf

    Tidak salah kalau sekarang Taman Amir Hamzah selalu dipenuhi kegiatan warga, seperti senam, latihan menari, bermain sepakbola, sosialisasi program, bahkan pengajian.

    Jumat siang 30 September, Direktorat Pelayanan Sosial Anak dan Balita Kementerian Sosial mengadakan penyuluhan Program Kesejahteraan Sosial Anak kepada 70 orangtua dari kalangan tidak mampu. Program ini bertujuan menguatkan jati diri anak-anak.

    Kepala Subdirektorat Pelayanan Sosial Anak dan Balita Kementerian Sosial Puti Khairida Anwar sengaja mensosialisasikan PKSA di Taman Amir Hamzah karena dekat dengan masyarakat. Selain mendapat informasi, orangtua dan anak juga bisa rekreasi.

    “Kebetulan RPTRA ini luas dan nyaman. Ada tempat untuk mengadakan penyuluhan, jadi tidak hanya tempat bermain saja,” tutur Puti kepada Metrotvnews.com.

    Melihat Tempat Bermain Obama dan Gus Dur
    Taman Amir Hamzah. Foto: Nur Azizah


    Pengelola Taman Amir Hamzah, Dzhul, mengatakan, pihaknya tidak mempersulit izin kegiatan di Taman Amir Hamzah. Pengelola juga tidak memungut biaya. Namun, mencari waktu kosong bukan perkara mudah.

    "Di sini kegiatan ada saja setiap hari. Biasanya kosong hanya Jumat. Dan setiap Jumat banyak warga yang berebut mengadakan kegiatan di sini," cetus Dzhul.

    (TRK)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id