comscore

Kunjungi Pecinan Glodok, Sandiaga Jajal Berlatih Wushu

Lukman Diah Sari - 26 Juni 2022 22:46 WIB
Kunjungi Pecinan Glodok, Sandiaga Jajal Berlatih Wushu
Menparekraf Sandiaga menjajaln kegiatan olah raga itu. (Istimewa)
Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendatangi Desa Wisata Pecinan Glodok, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat, Minggu, 26 Juni 2022. Sandiaga bertemu dengan pelatih wushu, Rudy Wijyava.

Mulanya Sandiaga melihat pertunjukan wushu dan taichi oleh Rudy dan Jason yang merupakan atlet Sea Games tahun 2019 dari Perguruan Sasana Alam Semesta. Kemudian Sandiaga tertarik dilatih beberapa gerakan wushu sederhana.
"Wushu ini menjadi unggulan karena banyak medali emas yang didapat. Tadi waktu penampilan kita lihat adik-adik kita yang luar biasa, saya sudah undang untuk mengajarkan latihan-latihan dasar wushu dan taichi," kata Sandiaga, dalam keterangan tertulis, Minggu, 26 Juni 2022.

Kemudian Sandiaga mencoba dan diajarkan gerakan dasar wushu taolu. Jurus itu merupakan disiplin ilmu dari wushu yang lebih menekankan keindahan di setiap gerakan.

Pada kesempatan itu, Rudy menyampaikan beberapa kendala yang dihadapkan selama melakukan latihan. Salah satunya peralatan wushu dan taichi yang digunakan mulai rusak. 

"Oke ada kebutuhan yang diperlukan secara urgent salah satunya samsak. Saya mau kasih ke bapak ini bantuan perlatan latihan," terang Sandiaga.

Baca: Dorong Pengembangan Desa Wisata, Masyarakat Diajak Angkat Keunggulan Daerah 


Sandiaga menerangkan bantuan itu bisa menunjang penampilan-penampilan para atlet wushu dan taichi di Petak Enam Glodok. Sebab penampilan wushu dan taichi bisa menjadi daya tarik wisatawan.

"Mudah-mudahan karena kita akan mengembangkan Petak Enam ini dan ini tempat latihannya bapak. Tadi pertunjukannya juga luar biasa, sebagai salah satu pamungkas kunjungan wisata ke sini. Saya harap dengan banyak dukungan dari berbagai pihak sifu Rudy bisa mengembangkan wushu ini dan prestasi semakin meningkat. Dan mudah-mudahan kita segera bangkit, ekonomi kita bergerak kembali," ungkap Sandiaga.

Kedatangan Sandiaga terkait program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Tahun ini, Desa Wisata Pecinan Glodok masuk dalam 50 desa/kampung wisata terbaik.

Desa Wisata Pecinan Glodok menyuguhkan beragam daya tarik ke wisawatan. Desa Wisata Pecinan Glodok memiliki banyak bangunan atau tempat dengan arsitektur unik dan ornament China seperti pusat perbelanjaan dan wisata kuliner, antara lain Pancoran Chinatown Point, Gang Gloria, Petak Enam dan Pantjoran Tea House.

(LDS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id