comscore

Pemprov DKI akan Gandeng Bekasi dan Tangsel Galakan Uji Emisi

Kautsar Widya Prabowo - 05 Juli 2022 17:45 WIB
Pemprov DKI akan Gandeng Bekasi dan Tangsel Galakan Uji Emisi
Ilustrasi uji emisi. Foto: Medcom.id/Christian.
Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan melakukan nota kesepahaman (MoU) bersama Bekasi dan Tangerang Selatan (Tangsel) terkait penanganan masalah polusi udara. Salah satunya, melalui kewajiban uji emisi bagi kendaraan roda empat.

"Diharapkan paling tidak di dua kota tersebut kita bisa mulai bekerja sama, mulai menyamakan, menyatukan persiapan. Sehingga pelaksanaan uji emisi bisa secara terpadu," ujar Kepala DLH DKI Jakarta Asep Kuswanto di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Selasa, 5 Juli 2022.
Asep menyebut telah menandatangani peraturan kepala badan (perba) terkait kerja sama penanganan polusi udara. Sehingga, dalam waktu dekat dapat direalisasikan.

"Mudah-mudahan enggak sampai di akhir bulan Juli ini kita upayakan itu bisa tanda tangan bersama antara Wali Kota Tangsel dan Bekasi, dan Pemprov DKI," terang dia.
 

Baca: Jakarta PPKM Level 2, Masyarakat Diimbau Tetap Laksanakan Prokes


Selain itu, nantinya DLH DKI bakal bertukar informasi terkait pelaksanaan uji emisi di kedua kota penyanggah Jakarta. Mengingat Jakarta telah melaksanakan uji emisi terlebih dahulu.

"Jadi nanti ada satu kesatuan data antara kami dan kota-kota di sekitar Jakarta terhadap pemberlakuan karena uji emisi ini tidak lepas dari pajak kendaraan," bebernya.

Ia menambahkan Pemprov DKI tengah berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya terkait rencanan tidak memperbolehkan perpanjangan surat nomor tanda kendaraan (STNK) bagi kendaraan yang tidak lulus uji emisi. Sanski ini juga rencananya akan dibahas dalam MoU.

"Kami harapkan nanti juga akan diikuti oleh kota-kota kayak Bogor, kemudian Depok mungkin juga nanti dengan Cianjur. Sehingga, pengendara pemotor itu kita mempunyai satu kebijakan tidak hanya oleh Jakarta, tapi juga kota-kota sekitarnya," jelas dia.

(AGA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id