Dinkes DKI Pastikan Rusun Nagrak Mampu Tampung 2.500 Pasien Covid-19

    Kautsar Widya Prabowo - 15 Juni 2021 17:40 WIB
    Dinkes DKI Pastikan Rusun Nagrak Mampu Tampung 2.500 Pasien Covid-19
    Ilustrasi Medcom.id.



    Jakarta: Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta tengah mempersiapkan tempat isolasi mandiri pasien covid-19 di Rumah Susun (Rusun) Nagrak, Cilincing, Jakarta Utara. Rusun itu ditargetkan dapat menampung ribuan pasien.

    "Kemarin baru kita tinjau dari tim Dinkes maupun tim satuan tugas (Satgas) provinsi dan BNPB itu sementara untuk 1.000 (pasien)," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) DKI Jakarta, Widyastuti, di Balai Kota Jakarta, Selasa, 15 Juni 2021.

     



    Dia memastikan kapasitas rusun tersebut masih dapat ditambah. Kemungkinan rusun dapat menampung hingga 2.500 pasien.

    Selain Rusun Nagrak, kata dia, Dinkes DKI tengah menyiapkan beberapa tempat isolasi lainnya. Lokasi itu menjadi alternatif di tengah menipisnya ketersedian tempat tidur atau bed occupancy ratio (BOR) di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet.

    "Kami selalu berkoordinasi dengan Wisma Atlet untuk menyiapkan tempat maupun pergerakan rujukan kasus," kata dia.

    Baca: Anies Didukung Menarik Rem Darurat Jika Kasus Covid-19 Meroket

    Sebelumnya, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes DKI Jakarta, Dwi Oktavia, mengatakan pihaknya berencana menambah jumlah ketersediaan tempat tidur isolasi hingga tempat tidur ICU covid-19 di Jakarta. Penambahan sebenarnya sudah dilakukan sejak Februari 2021 saat kasus di Jakarta melonjak pascalibur Natal dan Tahun Baru.

    "Nah, saat ini kita kembali akan lakukan peningkatan kapasitas itu supaya support system kesehatan mendukung peningkatan kasusnya," kata Dwi, Minggu, 13 Juni 2021.

    Dwi menyebut berbagai lokasi isolasi terkendali di luar RS rujukan covid-19 juga sudah disiapkan di antaranya, Rusunawa Nagrak di Cilincing, Jakarta Utara; beberapa sekolah; Masjid KH Hasyim Asyari; dan graha-graha yang dikelola Pemprov DKI.Lokasi isolasi terkendali ini dikhususkan bagi pasien tanpa gejala.

    Sementara itu, untuk yang bergejala akan tetap diberikan tempat isolasi di RS rujukan. Dwi mengingatkan masyarakat taat menerapkan protokol kesehatan agar tidak tertular covid-19.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id