DPRD DKI Segera Gelar Paripurna Pemilihan Wagub

    M Sholahadhin Azhar - 30 Juli 2019 05:00 WIB
    DPRD DKI Segera Gelar Paripurna Pemilihan Wagub
    Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto Medcom.id/ Theo
    Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merespons polemik terkait pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Dia menyampaikan ada angin segar terkait hal ini.

    "Saya dengar dalam waktu dekat ini akan diselenggarakan paripurna dan mudah-mudahan saat itu salah satu itu ditentukan dengan gitu bisa mulai bertugas," ujar Anies di Jakarta Utara, Senin, 29 Juli 2019.

    Informasi ini didapat Anies dari anggota DPRD. Meski tidak menyebut nama sumber tersebut namun Anies mengatakan sudah ada komunikasi intens antara dirinya dengan legislatif.

    "Mudah-mudahan mereka segera menyelenggarakan rapat paripurna," kata Anies.

    Pengamat politik dari Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing menilai DPRD DKI yang paling bertanggung jawab terkait polemik ini. Sebab menurut dia karena ulah DPRD DKI, kinerja pelayanan publik kedodoran.

    Akibat hal ini, Gubernur DKI Anies Baswedan harus bekerja sendirian. Emrus menyebut hal ini harusnya dipikirkan oleh DPRD sebagau pihak yang berwenang memilih sosok wakil gubernur itu.

    "Saya terus terang mengatakan bahwa ini bukan kesalahan Anies, tetapi ketiadaan patner beliau mengurusi jakarta ini," kata Emrus.

    Dia membandingkan ketika Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) memimpin Jakarta. Kala itu, Ahok bisa langsung menunjuk Djarot Saiful Hidayat mendampingi dirinya. Emrus tidak mau membandingkan kinerja Ahok dan Anies.

    Namun menurut dia, DPRD DKI harus melihat efektifitas kehadiran wakil gubernur untuk membantu tugas gubernur. Emrus menyebut, jika situasi ini dibiarkan berlarut, legislatif tidak bisa serta merta menuding dan menyalahkan kepala daerah jika ada pelayanan publik yang tidak optimal.

    "Kalau ada yang kurang tentang pelayanan publik atau apapun pekerjaan pemda DKI jangan salahkan Anies. tentu ya kita perlu kritisasi DPRD kok sampai sekarang belum diangkat itu kan," kata Emrus.

    Lebih jauh dia menambahkan DPRD harus segera merampungkan pemilihan wakil gubernur. Sebab kurangnya kualitas pelayanan dipengaruhi faktor absennya pendamping gubernur. 

    "Karena bagaimanapun wagub itu kan partner kerja dari Gubernur Anies untuk melakukan pelayanan kan," ujar Emrus.



    (SCI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id