Survei: Keluarga Sangat Miskin di DKI Bertambah Selama Pandemi

    Cindy - 26 Juni 2020 21:07 WIB
    Survei: Keluarga Sangat Miskin di DKI Bertambah Selama Pandemi
    Ilustrasi dampak virus korona (covid-19). Medcom.id/M Rizal
    Jakarta: Koalisi Pemantau Bansos Jakarta mengatakan keluarga sangat miskin (KSM) di DKI Jakarta bertambah selama pandemi virus korona (covid-19). Hal ini terungkap dari survei yang dilakukan pihaknya terhadap 3.598 responden di 94 Kelurahan di Ibu Kota.

    "Setidaknya 3.194 kepala keluarga (KK) teridentifikasi menjadi sangat miskin," kata Sekretaris Jenderal Serikat Perjuangan Rakyat Indonesia (SPRI) Dika Moehammad  dalam webinar 'Akses Bantuan Sosial Untuk Warga Miskin Baru DKI Jakarta di Masa Covid-19', Jumat, 26 Juni 2020.

    Dika menyebut tingkat kemiskinan kategori KSM tercatat sebanyak 2.310 KK sebelum wabah covid-19. Kemudian bertambah 884 KK menjadi 3.194 KK selama pandemi virus korona.

    Sementara kategori garis kemiskinan lainnya seperti keluarga rentan miskin, hampir miskin, miskin, dan tidak miskin menurun. Hal itu disebabkan bergesernya kategori kemiskinan menjadi KSM.

    "Tadinya kami identifikasikan dalam kategori keluarga rentan miskin sebelum covid ada 520 KK kemudian saat covid menjadi 229 KK karena bergeser menjadi keluarga yang sangat miskin," papar Dika.

    Hal serupa terjadi pada kategori lainnya. Yakni kategori keluarga miskin dari sebelumnya 244 KK menjadi 133 KK. Sedangkan keluarga hampir miskin bergeser dari sebelumnya 443 KK menjadi 231 KK.Kemudian kategori keluarga tidak miskin tercatat 429 KK bergeser atau berkurang menjadi 159 KK.

    Peningkatan KSM dipicu akibat masyarakat yang kehilangan pekerjaan serta tak memiliki tabungan darurat. Koalisi mencatat 92 persen responden menyatakan tidak memiliki aset yang bisa digunakan saat darurat.

    "Kemudian 60 persen responden kehilangan pekerjaan akibat covid-19," ucap Dika.



    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id