Lonjakan Kasus Positif Dinilai Akibat Mobilitas Tinggi

    Sri Yanti Nainggolan - 25 September 2020 13:19 WIB
    Lonjakan Kasus Positif Dinilai Akibat Mobilitas Tinggi
    Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi/Nur Azizah/Medcom.id
    Jakarta: Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menilai lonjakan kasus positif covid-19 dipicu padatnya mobilitas warga di Jakarta dan dari kawasan penyangga Ibu Kota. Protokol kesehatan pun tidak diterapkan dengan baik.

    "Kenyataanya ketika diberikan pemahaman dan edukasi bukan makin membaik, tapi makin buruk Jakarta," kata Prasetyo melalui keterangan tertulis, Jakarta, Jumat, 25 September 2020.

    Kasus positif covid-19 di Jakarta bertambah 1.044 kasus per Kamis, 24 September 2020. Angka ini merupakan yang tertinggi ketimbang daerah lainnya. Total kasus positif covid-19 di Jakarta sudah mencapai 66.731 kasus. Sebanyak 52.648 orang sudah dinyatakan sembuh dari covid-19 dan 1.648 meninggal.

    Menurut Prasetyo, perlu ada aturan dan implementasi kuat untuk menurunkan kasus positif. Prasetyo telah bertemu Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sujana dan Pangdam Jaya Mayjen Dudung Abdurachman untuk mengoordinasikan mengenai penegakan aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Ibu Kota. Pasalnya, penegakan aturan dinilai masih lemah.

    "Jadi ini bentuk persiapan. Sebelum perda (peraturan daerah) penanggulangan covid-19 saya sahkan, perlu saya koordinasikan penegakan aturan-aturannya," ujar dia.

    Baca: Luhut Ingatkan Anies Jangan Sampai Ada Klaster Baru Covid-19

    DPRD DKI Jakarta telah memulai perumusan perda tentang penanggulangan covid-19. Rapat paripurna soal penjelasan Gubernur DKI Anies Baswedan mengenai pembentukan perda tersebut telah digelar DPRD DKI Jakarta pada Rabu, 23 September 2020. Seluruh pasal pada perda tersebut ditargetkan rampung pada pertengahan Oktober 2020.

    (AZF)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id