Pemprov DKI Diminta Mengurungkan Pelaksanaan Formula E

    Achmad Zulfikar Fazli - 25 September 2021 12:12 WIB
    Pemprov DKI Diminta Mengurungkan Pelaksanaan Formula E
    Ilustrasi Formula E. AFP/David Delgado



    Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta diminta mengurungkan pelaksanaan ajang balap mobil listrik Formula E. Pemprov DKI dinilai berpotensi melanggar hukum dan mendapatkan hak interpelasi jika tetap menggelar ajang balap mobil listrik itu. 

    Direktur Eksekutif Studi Demokrasi Rakyat Hari Purwanto mengatakan anggaran yang digelontorkan Pemprov DKI Jakarta untuk penyelenggaraan Formula E berpotensi melanggar hukum. Pembayaran comitment fee dari Dispora DKI diduga dapat menimbukan kerugian Rp560 miliar dari total dana yang sudah diterima panitia penyelenggara. 

     



    "Melanggar Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2019," kata Hari dalam keterangan tertulis, 25 September 2021. 

    Hari memerinci pembayaran comitment fee Formula E berdasarkan Surat Perintah Membayar (SPM) Dispora DKI kepada FEO selaku promotor dan pemegang lisensi Formula E. Uang yang harus dibayarkan sebesar £10.000.000 atau Rp179.379.157.255 pada 23 Desember 2019 

    Kemudian, pembayaran comitment fee £10.000.000 atau Rp180.620.842.000 pada 30 Desember 2019. Terakhir, £11.000.000 atau Rp200.310.000.000 pada 26 Februari 2021. 

    "Total comitment fee yang telah dibayarkan sebesar Rp560.309.999.255,-," ujar Hari. 

    Menurut dia, anggaran yang bersumber dari APBD-P itu perlu diselamatkan untuk kepentingan rakyat. Uang tersebut jangan sampai hilang begitu saja. Sementara itu, penyelenggaran Formula E belum jelas nasibnya apakah akan berjalan atau tidak. 

    Di samping itu, sejumlah anggota DPRD DKI Jakarta mengajukan hak interpelasi atas Formula E. Ada beberapa temuan yang menjadi dasar pengajuan hak interpelasi. Salah satu keberatannya, yaitu semua anggaran penyelenggaraan ajang balap mobil listrik itu seharusnya diprioritaskan untuk hal yang bersentuhan langsung dengan masyarakat di masa pandemi covid-19. 

    Hari menyampaikan hak interpelasi ini harus sejalan dengan proses hukum terkait dugaan adanya perbuatan melawan hukum. Sehingga, pihaknya memilih jalan proses hukum terkait penyelenggaraan Formula E. 

    "DPRD DKI yang ingin interplasi ini harus sejalan dengan proses hukum," jelasnya. 

    Baca: Pemprov DKI Diminta Selamatkan Anggaran Formula E

    Hari menambahkan audit BPK untuk comitment fee Formula E perlu diinvestigasi lebih lanjut. Jangan hanya dipelajari secara umum saja. 

    Hasil audit BPK DKI Jakarta menemukan fakta Pemprov DKI telah menggelontorkan dana sebesar hampir Rp1 triliun untuk penyelenggaraan Formula E kepada FEO Ltd. Dari jumlah itu, Rp360 miliar sudah dikembalikan ke PT Jakpro, dan sisanya masih dinegosiasikan karena kelanjutan Formula E masih belum jelas. 

    Dalam catatan BPK DKI Jakarta, besaran dana yang dibayarkan Pemprov DKI ke FEO sebesar Rp983,31 miliar pada 2019-2020. 

    Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria (Ariza) memastikan tidak ada permasalahan dalam persiapan ajang Formula E. Ajang balap mobil listrik itu rencananya digelar pada Juni 2022. 

    "Semuanya sudah selesai," ujar Ariza di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa, 14 September 2021.  

    Ariza menambahkan BPK telah mengaudit proses penyelenggaran Formula E. Dia mengeklaim hasil audit tersebut baik.  

    "Temuan BPK sudah dicek, tidak ada temuan, bahkan tidak ada penundaan (penyelenggaraan), dari BPK jangankan penundaan temuan dari BPK saja tidak ada," tutur dia. 

    Pemprov DKI juga telah membayar comitment fee kepada FEO. Besaran uang disesuaikan dengan ketentuan bersama.

    (NUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id