Cikini Akan Disulap Jadi Destinasi Urban Tourism

    Antara - 15 September 2021 21:34 WIB
    Cikini Akan Disulap Jadi Destinasi <i>Urban Tourism</i>
    Ilustrasi: Medcom.id



    Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana merevitalisasi Cikini, Monas, dan Pasar Baru. Ketiga titik ini akan disulap menjadi destinasi wisata perkotaan.

    Kepala Bidang Pemasaran dan Atraksi Dinas Pariwisata DKI, Hari Wibowo, mengatakan rencana revitalisasi itu didasarkan atas beberapa pertimbangan. Hal ini meliputi nilai-nilai sejarah di kawasan itu serta pandemi covid-19 yang masih melanda Jakarta.

     



    "Kami di Jakarta mencoba mengangkat destinasi wisata perkotaan melalui tempat-tempat bersejarah yang ada. Sasaran utama wisatawannya warga kota itu sendiri karena saat ini masih pandemi dan ke depan wisatawan domestik," kata Hari di Jakarta, Rabu, 15 September 2021. 

    Baca: Walkot Jakpus Minta Jajaran Antisipasi Banjir di 5 Wilayah

    Menurut dia, daya tarik wisata di Cikini ialah sejarahnya. Di sepanjang jalan yang terletak tak jauh dari pusat pemerintahan Indonesia dan DKI itu berjejeran bangunan bersejarah yang memiliki kisah melintas zaman dan waktu.

    Sejak era kolonial, kawasan Cikini berkembang seiring dibangunnya perumahan di Gondangdia. Hal ini tergambar pada Gedung Kantor Pos di mulut Jalan Cikini Raya dan rumah pelukis terkenal Raden Saleh Syarif Bustaman yang sekarang menjadi RS PGI Cikini.

    Kenangan di era kemerdekaan hingga saat ini tergambar dari bangunan-bangunan dan usaha-usaha legendaris, seperti Bakoel Coffe (1878). Selain itu, ada rumah Ida Kurani Soedibjo yang menjadi lokasi ticket box berbagai acara di Jakarta serta rumah dan pabrik roti Tan EK Tjoan.

    Rumah pengusaha era kemerdekaan Hasjim Ning dan tempat usaha kacamata orang Indonesia pertama A Kasoem juga ada di Cikini. Selain itu, ada Taman Ismail Marzuki (TIM) yang dulunya halaman dan kebun binatang mini milik Raden Saleh.

    Dinas Pariwisata DKI, kata Hari, juga sedang menggodok paket wisata untuk publik. Pihaknya bekerja sama dengan hotel dan komunitas pemandu wisata untuk mendongkrak pariwisata di DKI Jakarta.

    Menurut Hari, paket wisata publik itu lokasinya di Jakarta Barat, yakni Kota Tua dan China Town; Jakarta Pusat di Menteng, Cikini, dan Pasar Baru; Jakarta Utara di Pantai Indah Kapuk dan Pluit; Jakarta Timur di Jatinegara; dan Jakarta Selatan di Blok M dan Senayan. 

    "Rencana ini sedang dimatangkan," tutur dia.

    Kawasan Cikini telah difasilitasi Pemprov DKI Jakarta dengan rampungnya revitalisasi trotoar. Revitalisasi Cikini menjadi bagian dari target revitalisasi 10 kilometer (km) antara ruas Jalan Cikini Raya ke Jalan Pramuka Raya serta Jalan Kramat Raya dan Salemba Raya.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id