Tilang Elektronik di Tol Segera Diuji Coba

    Candra Yuri Nuralam - 14 November 2019 15:12 WIB
    Tilang Elektronik di Tol Segera Diuji Coba
    Ilustrasi tilang elektronik. Foto: MI/Pius Erlangga
    Jakarta: Ditlantas Polda Metro Jaya segera menerapkan tilang elektronik (e-TLE) di jalur tol. Sejumlah titik bakal diuji coba. 

    "Ada dua titik yang direncanakan akan dilakukan approve of concept kalau kita bahasanya uji coba," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis, 14 November 2019.

    Jasa Marga mengajukan empat titik tempat uji coba yakni Tanjung Duren, Cikampek, JORR, dan Sedyatmo. Namun, pihaknya baru menyetujui dua titik menjadi tempat uji coba. 

    Fahri menuturkan tanggal uji coba segera dirilis. Pihaknya bakal lebih dulu berkoordinasi dengan Jasa Marga. 

    Dia menjelaskan kamera e-TLE bisa mendeteksi nomor pelat kendaraan. Gambar yang diambil akan mencocokkan pelat nomor dengan data kepolisian.

    Fitur ini juga bisa ditambahkan dengan pemetaan sistem ganjil genap. Sistem pemetaan itu bisa diperbarui bila ke depan ada aturan lalu lintas baru.

    "Jadi nanti kita tinggal tambahkan fitur apa yang mau dari kamera itu, bisa pelanggaran kawasan ganjil genap dan lainnya," jelas dia. 

    Kamera CCTV tilang elektronik ini mampu menjangkau semua kendaraan dalam radius 20-30 meter dari titik penempatan kamera. Pada waktu tertentu seperti malam hari, kamera akan mengeluarkan sekelebat cahaya secara cepat. 

    Hal itu menandakan kamera sedang berkerja menangkap gambar dan rekaman gerak pengemudi. Berbagai data keterangan akan dikirimkan seperti jenis pelanggaran yang dilanggar, gambar berupa foto pengguna kendaraan yang sedang melakukan pelanggaran, sampai biaya denda pelanggaran.



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id