Anies Sebut 65 RW Masih Tergenang Banjir

    Fachri Audhia Hafiez - 05 Januari 2020 06:03 WIB
    Anies Sebut 65 RW Masih Tergenang Banjir
    Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) saat meninjau pengungsi di Masjid Hasyim Asy'ari, Jakarta Barat. Foto: Cindy/Medcom.id
    Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebutkan 65 rukun warga (RW) di Ibu Kota masih tergenang hingga Sabtu, 4 Januari 2020. Ia menyebut jumlah itu setara 3 persen dari total wilayah Jakarta.

    "Terutama di tempat yang cekungan, saya sampaikan data per hari ini (Sabtu, 4 Januari 2020)," kata Anies saat meninjau lokasi banjir di Kampung Pulo, Jakarta Timur, seperti dikutip dari Antara, Minggu, 5 Januari 2020.

    Anies mengatakan sebanyak 390 RW tergenang pada Kamis, 2 Januari 2020. Sehari kemudian, klaim dia, tinggal 133 RW. dan sekarang masih ada 65 RW. Dari 15 persen tinggal 3 persen," ujarnya.

    Anies mengatakan, wilayah yang tergenang tersebut masih dalam proses penyurutan air. Proses surut diklaim sudah jauh lebih cepat.

    Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini permukiman dan perkampungan warga yang terdampak banjir masih dalam proses pembersihan. Ia mengajak masyarakat untuk turut serta kerja bakti bersama aparat pemerintah, TNI, Polri. Ini diharapkan bisa membantu meringankan penderitaan masyarakat terdampak bencana.

    "Mengapa kami mengajak bersama-sama, untuk mempererat rasa kebersamaan dan ini dialami oleh warga Jakarta. Kami ajak semua membantu lokasi yang terjadi banjir," kata Anies.

    Anies mengatakan kerja bakti dilakukan pada Minggu, 5 Januari 2020 mulai pukul 06.00-11.00 WIB di 311 kelurahan. Ia menyebut 17 ribu petugas siap membantu warga terdampak banjir bersih-bersih rumah dan lingkungan.

    Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta hingga Sabtu, 4 Januari 2020, pukul 18.00 WIB, masih ada 54 RW yang terendam banjir dengan rincian Jakarta Utara tujuh RW, Jakarta Barat 36 RW, Jakarta Selatan delapan RW, dan Jakarta Timur tiga RW. Jumlah pengungsi tersisa 5.184 jiwa di 25 lokasi pengungsian.

    Hujan deras sejak 31 Desember 2019 malam hingga 1 Januari 2020 pagi, menyebabkan banjir di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Pemprov DKI Jakarta menurunkan 120 ribu petugas untuk menanggulangi banjir.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id