Gubernur Hingga Presiden Digugat Demi Udara Bersih

    Nur Azizah - 18 Juni 2019 16:41 WIB
    Gubernur Hingga Presiden Digugat Demi Udara Bersih
    Ilustrasi. MI/Ramdani.
    Jakarta: Sejumlah warga yang tergabung dalam Gerakan Inisiatif Bersihkan Udara Koalisi Semesta (Ibu Kota) bakal melayangkan gugatan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hingga Presiden Joko Widodo. Gugatan ditujukan untuk instansi pemerintah, bukan perorangan.

    Gerakan Ibu Kota terdiri dari lintas profesi mula dari aktivis lingkungan dari sejumlah organisasi, ibu rumah tangga, jurnalis, hingga pengemudi ojek daring. Juru Kampanye Greenpeace Indonesia Bondan Andriyanu mengatakan gugatan dilayangkan lantaran kualitas udara Ibu Kota Jakarta kian memburuk.

    Ini terlihat ketika selama libur lebaran. Berdasarkan penelitian dari Greenpeace kualitas udara Jakarta berbahaya dan mengancam kesehatan warga.

    Pada H-1 sebelum Lebaran atau 4 Juni 2019, tingkat partikel polusi PM2,5 harian mencapai 70,8 ug/m3. Angka tersebut berada di atas baku mutu udara nasional sebesar 65 ug/m3.

    Baca: Penataan Waduk Pluit Disarankan Tiru Patung Merlion Singapura

    “Ini menunjukkan bahwa polusi udara Jakarta sangat parah dan sumbernya tidak hanya berasal dari kendaraan bermotor saja, tapi dari berbagai sumber pencemar yang ada di sekeliling Jakarta, termasuk delapan buah PLTU ditambah dengan rencana penambahan empat buah PLTU Batubara baru yang berada dalam radius 100 kilometer dari Jakarta," kata Bondan di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Selasa, 18 Juni 2019.

    Melihat kondisi ini, Gerakan Ibu Kota akan melayangkan gugatan warga negara atau Citizen Law Suit (CLS) kepada sejumlah institusi pemerintahan. Mereka menuntut hak dalam mendapatkan udara bersih.
     
    Bondan mengatakan gugatan sebagai bentuk kekecewaan warga kepada pemerintah akibat lalai menangani polusi udara di Jakarta. Terdapat tujuh calon tergugat yakni Presiden RI, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Menteri Kesehatan, Menteri Dalam Negeri, Gubernur DKI Jakarta, Gubernur Jawa Barat dan Gubernur Banten.

    Sedianya, gugatan tersebut akan dikirim hari ini ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat namun ditunda. Namun, Bondan mengaku materi gugatan sudah siap 90 persen.



    (DRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id