Serapan Anggaran SDA DKI Masih Minim

    Nur Azizah - 26 Desember 2019 18:02 WIB
    Serapan Anggaran SDA DKI Masih Minim
    Kepala Dinas SDA DKI Juaini. Foto: Achmad Zulfikar Fazli/Medcom.id
    Jakarta: Serapan anggaran pada Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta masih jauh dari target menjelang akhir 2019. Serapan baru sekitar 50 persen dari total anggaran Rp2,3 triliun.

    Berdasarkan situs publik.bapedadki.net, realisasi keuangan Dinas SDA sebesar 47 persen atau sekitar Rp1 triliun. Sedangkan realisasi fisik baru 56,5 persen, dan realisasi Key Performance Indicator (KPI) sebesar 51,9 persen.

    "Masih proses. Kemarin fisik, kita terakhir (lihat) 15 Desember. Setelah itu proses keuangannya baru berjalan, dan segala macam. Mungkin nanti tanggal 30 (Desember) baru kelihatan penyerapannya," kata Kepala Dinas SDA DKI Juaini di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis, 26 Desember 2019.

    Juaini optimistis target serapan anggaran akan terealisasi sebelum akhir tahun. Dia mengeklaim serapan tahun ini lebih baik dari 2018. Salah satu kegiatan yang memiliki serapan paling banyak ialah pembebasan lahan. 

    Juaini mengaku membebaskan lahan tak mudah. Banyak warga yang tak bersedia direlokasi. "Di lapangan kan kalau soal pembebasan masalah warga yang mau, keabsahan surat, surat yang belum siap. Di lapangan banyak hal masalah fisik yang perlu dikoordinasikan," ujar dia.

    Pada 2019, Dinas SDA baru menggunakan anggaran sekitar Rp350 miliar untuk pembebasan lahan. Jumlah itu belum termasuk anggaran pembuatan waduk di Lebak Bulus Rp37 miliar, dan pembuatan waduk di Pondok Gede Rp84 miliar.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id