Pemprov DKI Janji Beri Bantuan Korban Banjir

    Sri Yanti Nainggolan - 13 Januari 2020 18:54 WIB
    Pemprov DKI Janji Beri Bantuan Korban Banjir
    Air merendam pemukiman warga di Kampung Duri Semanan, Kalideres, Jakarta Barat, Senin, 6 Januari 2020. Foto: MI/Fransisco Carolio Hutama Gani
    Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berjanji memberikan bantuan kepada korban banjir yang melanda di awal 2020. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah DKI Jakarta Edi Sumantri belum bisa menyebutkan besar dana yang akan dikeluarkan. 

    "Masyarakat yang terdampak kan belum tahu, belum ada data resminya," kata Edi di Gedung Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Senin, 13 Januari 2020.

    Menurut dia, dana akan diambil dari bantuan tak terduga (BTT) 2019 yang mencapai Rp188 miliar. Namun, tak semua dana dialokasikan untuk korban banjir. 

    Banjir melanda Ibu Kota sejak Rabu, 1 Januari 2020. Luapan air terjadi akibat hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya.

    Sebanyak 12 kecamatan terendam banjir pada Sabtu, 4 Januari 2020. Bencana ini membuat 16 orang meninggal dan puluhan ribu warga mengungsi.

    Tim Advokasi Korban Banjir DKI Jakarta 2020 mengajukan gugatan class action terhadap Pemprov DKI ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus). Mereka menilai Pemprov gagal menangani banjir.

    Anggota Tim Advokasi Korban Banjir DKI Jakarta, Diarson Lubis, mengatakan ada 700 laporan warga yang masuk hingga pekan lalu. Setelah diverifikasi, hanya sekitar 270 laporan yang lengkap.

    "Berdasarkan data yang lengkap, kami tarik 20 orang sebagai perwakilan," ucap Lubis.
     
    Sebanyak 20 orang membubuhkan tanda tangan dalam berkas gugatan. Diarson memperkirakan kerugian yang timbul dari 270 laporan tersebut mencapai Rp43 miliar. 





    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id