Penerapan Jalan Berbayar di Perbatasan Jakarta Masih Berliku

    Putri Anisa Yuliani - 25 November 2019 18:25 WIB
    Penerapan Jalan Berbayar di Perbatasan Jakarta Masih Berliku
    Layar informasi electronic road pricing (ERP) terpampang di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan. FotO: MI/Immanuel Antonius
    Jakarta: Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) menyebut penerapan jalan berbayar elektronik atau electronic road pricing (ERP) di jalan-jalan nasional dekat perbatasan Jakarta masih berliku. BPTJ harus menunggu peraturan baru guna memayungi penerapan ERP menggunakan skema pendapatan negara bukan pajak (PNBP).

    Kepala Biro Humas BPTJ Budi Rahardjo menjelaskan jika skemanya telah jelas, tentunya sosialisasi penerapan ERP dilakukan. Ia menegaskan masyarakat pun tak perlu khawatir soal adanya ERP di jalan-jalan nasional.

    "Masih tahapan penyusunan formulasi kebijakan menyangkut skema-skema pendukung yang diperlukan. Jika itu selesai baru ada rencana implementasi. Yang pasti tentu didahului sosialisasi," kata Budi saat dihubungi Media Indonesia, Senin, 25 November 2019.

    Menurut dia, pembahasan payung hukum untuk mendukung ERP masih rumit. Untuk itu, jalan ERP untuk bisa segera direalisasikan masih panjang. Ia menyebut belum tentu ERP bisa dilaksanakan tahun depan.

    "Sampai sekarang belum selesai itu pembahasan skema pendukung. Itu kan tidak sederhana," tandas dia.

    BPTJ merencanakan untuk menerapkan ERP di jalan-jalan nasional tepatnya di titik perbatasan dengan Jakarta. Langkah ini diambil untuk membatasi masuknya kendaraan pribadi menuju Jakarta guna mengurangi kemacetan serta menurunkan polusi udara.

    Jalan Margonda, Depok, Jawa Barat (Jabar); Jalan Daan Mogot, Tangerang, Banten; dan Jalan Kalimalang, Jakarta Timur menjadi target penerapan ERP. Sistem ini diatur ada dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2018 tentang Rencana Induk Transportasi Jabodetabek (RITJ) 2018-2029.





    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id