Pemprov DKI Kembangkan Gerakan Literasi Sekolah

    Yurike Budiman - 06 Oktober 2019 20:37 WIB
    Pemprov DKI Kembangkan Gerakan Literasi Sekolah
    Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal
    Jakarta: Pemerintah provinsi DKI Jakarta tengah mengembangkan program gerakan literasi sekolah. Program ini disebut bisa membuat siswa memiliki nalar yang tinggi dan tidak mudah terpapar berita bohong alias hoaks.

    "Kalau anak-anak atau siapa pun yang punya literasi yang bagus, punya wawasan yang bagus, dia pasti akan menyaring informasi dan enggak mudah menerima kemudian menyebarluaskan," kata Kepala Bidang SMP SMA Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta M Husin, ditemui di bilangan Jakarta Selatan, Minggu, 6 Oktober 2019.

    Menurut dia, kurikulum 2013 yang diterapkan oleh Pemprov DKI juga bisa membantu upaya meninggikan nalar siswa. Ia pun berharap akan semakin banyak siswa yang melek literasi. Banyaknya literasi yang diserap maka penyaringan informasi juga semakin ketat. 

    "Dia akan bertanya dulu, benar enggak cerita ini, benar engga informasi ini. Nah, daya kritis itu pasti akan tumbuh," ujarnya.

    Husin menyebut kurikulum 2013 juga bertujuan mengembangkan keterampilan abad ke-21 atau dikenal dengan sebutan 4C. Yaitu, Critical Thinking, Creativity and Innovation, Communication (kemampuan komunikasi) dan Collaborative (kemampuan kolaborasi).

    "Hal itulah yang bisa menangkal hoaks tadi," kata Husin.

    Sementara itu, Direktur Utama Penerbit Erlangga Raja Daud Hutauruk, mengatakan para pelajar generasi muda kurang melek literasi. Mayoritas dari mereka hanya mencari informasi dari internet saja.

    Raja mengaku sempat bertanya pada pelajar dalam satu forum, siapa yang membaca koran hari ini. Namun, kata dia, tidak ada satu pun anak yang menunjuk tangannya.

    "Menjadi manusia yang cerdas, tangguh dan hebat, tidak hanya mencari informasi dari jempol saja tapi juga baca dari koran, buku, dan berbagai riset," ujar Raja.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id