Pasien dalam Pengawasan Korona di Jakarta 330 Orang

    Putri Anisa Yuliani - 18 Maret 2020 13:06 WIB
    Pasien dalam Pengawasan Korona di Jakarta 330 Orang
    Ilustrasi. Balai Kota DKI Jakarta. Medcom/Candra Yuri Nuralam
    Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut ada 813 warga berstatus orang dalam pengawasan (ODP) virus korona (covid-19) di Ibu Kota hingga Rabu, 18 Maret 2020. Rinciannya, 277 orang masih dipantau dan 536 lainnya sudah selesai dilakukan pemantauan.

    "Kemudian jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) sampai hari ini berjumlah 330 orang. Sebanyak 168 masih dirawat dan 162 selesai dirawat," kata Anies di Balai Kota, Selasa, 17 Maret 2020.

    Menurut Anies, salah satu penyebab meningkatnya jumlah orang dan pasien dalam pengawasan korona lantaran masyarakat Jakarta lebih waspada. Banyak warga yang berkonsultasi ke nomor darurat wabah korona milik DKI guna memastikan kesehatannya.

    Baca: TransJakarta Setop Transaksi Tunai Isi Ulang Uang Elektronik

    Anies mengatakan apabila masyarakat merasakan gejala korona bisa berkonsultasi ke nomor darurat 112 atau 119. Jika diagnosis sementara menyebut adanya potensi covid-19, warga akan dijemput untuk diperiksa di rumah sakit. Setelahnya, diklasifikasi apakah masuk kategori ODP atau PDP.

    "Jadi sampai hari ini, warga masyarakat yang menghubungi call center maupun hotline Pemprov DKI Jakarta berjumlah 7.433," ucap mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

    Pemprov DKI menambah rumah sakit (RS) rujukan provinsi untuk mempercepat pemeriksaan warga yang terindikasi covid-19. Penambahan ini bekerja sama dengan swasta, seperti RS Mayapada, RS Siloam, dan RS Hermina.

    Pemprov DKI juga bekerja sama dengan RS milik BUMN yakni RS Pelni untuk menjadi rumah sakit rujukan. RSKD Duren Sawit serta RSUD Tarakan juga jadi rumah sakit rujukan untuk menerima pasien terindikasi virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan, Tiongkok, itu.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id