Aparat Lebih Bertaring dengan Pergub Sanksi Pelanggar PSBB Jakarta

    Cindy - 12 Mei 2020 09:28 WIB
    Aparat Lebih Bertaring dengan Pergub Sanksi Pelanggar PSBB Jakarta
    Ilustrasi PSBB. Medcom.id
    Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengeluarkan peraturan gubernur terkait sanksi bagi pelanggar peraturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Payung hukum ini membuat penegak hukum lebih leluasa memberikan sanksi.

    "Itu memayungi proses-proses penegakan yang dilakukan Satpol PP ditambah untuk menambah efektivitas dengan ada sanksi yang jelas," kata Kepala Biro Hukum Sekretariat Daerah DKI Jakarta Yayan Yuhanah saat dihubungi, Selasa, 12 Mei 2020.

    Yayan menjelaskan sanksi bagi pelanggar PSBB sebelumnya merujuk Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan. Dia menyebut Pemprov DKI tak bisa langsung menerapkan sanksi tersebut.

    Sebab, sanksi pidana dalam undang-undang itu terlalu menggeneralisasi setiap pelanggaran. Hukuman pidana tidak bisa diterapkan terhadap pelanggaran kecil seperti tidak menggunakan masker saat keluar rumah.

    (Baca: Tak Pakai Masker Terancam Denda Rp250 Ribu)

    "Kalau ini Pak Gubernur membuat sanksi administrasi yang sifatnya memang ruang lingkup kewenangannya ada di gubernur," ucap Yayan.

    Pemprov DKI berharap petugas di lapangan dapat menerapkan sanksi dengan sesuai. Sehingga pelaksanaan PSBB di Ibu Kota Negara dapat berjalan mulus.

    Anies Baswedan mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 41 Tahun 2020 tentang Pengenaan Sanksi terhadap Pelanggaran PSBB dalam Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Provinsi DKI Jakarta. Warga yang tidak memakai masker saat keluar rumah bisa dikenakan sanksi hingga Rp250 ribu hingga perusahaan pelanggar PSBB terancam sanksi hingga Rp50 juta.

    (Baca: Perusahaan Pelanggar PSBB Terancam Denda Rp50 Juta)



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id