25 Halte TransJakarta Rusak, Kerugian Capai Rp65 Miliar

    Cindy - 09 Oktober 2020 17:08 WIB
    25 Halte TransJakarta Rusak, Kerugian Capai Rp65 Miliar
    Aksi unjuk rasa berujung ricuh di Patung Kuda, Jakarta Pusat. Antara/Akbar Nugroho Gumay
    Jakarta: Jumlah fasilitas umum yang rusak akibat demonstrasi Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) bertambah. Tercatat sebanyak 25 halte TransJakarta rusak hingga pukul 16.00 WIB.

    "Kerugian dihitung sementara mencapai Rp65 miliar," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Jumat 9 Oktober 2020.

    Ariza menyayangkan aksi anarkistis pedemo yang membuat keamanan dan ketertiban warga DKI terganggu. Aksi demonstrasi berujung ricuh itu merusak dan membakar halte, pos polisi, lampu merah, dan fasilitas publik lainnya.

    "Sangat disayangkan, karena tempat-tempat tersebut adalah fasilitas umum yang digunakan untuk masyarakat umum," ucap politikus Partai Gerindra itu.

    Riza memastikan operasional TransJakarta tetap berjalan meski sejumlah rute mengalami pengalihan jalur. Dia meminta  warga DKI melaksanakan demonstrasi dengan cara yang baik tanpa merusak fasilitas umum.

    Baca: Gejolak Pedemo Jadi Panggung Politik Kepala Daerah

    Menurut dia, upaya paling baik menolak UU Ciptaker dapat melalui judicial review ke Mahkamah Konstitusi (MK). Cara ini pun meminimalkan penyebaran virus korona (covid-19).

    "Upaya bisa dilakukan secara konstitusi dengan judicial review. Itulah konstitusi kita. Apalagi sekarang di masa pandemi ini sangat berbahaya, nanti terjadi klaster baru di demo," tutup dia.

    Demonstrasi menolak UU Cipta Kerja yang disahkan DPR terjadi di sejumlah daerah, salah satunya DKI Jakarta. Aksi unjuk rasa di Jalan Harmoni sempat ricuh.

    Bentrokan antara pendemo dan aparat kepolisian tak terhindari. Bahkan demonstran mencoret-coret dinding rumah toko (ruko) yang berada di sekitar lokasi demo.

    (JMS)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id