Anies Minta Tim Kaji Kecocokan Batavia Menjadi Nama Kawasan Kota Tua

    Antara - 29 April 2021 03:12 WIB
    Anies Minta Tim Kaji Kecocokan Batavia Menjadi Nama Kawasan Kota Tua
    Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menunjuk ke arah tulisan Batavia di halaman Museum Fatahillah, Kota Tua, Jakarta. Antara/Abdu Faisal



    Jakarta: Kawasan Kota Tua, Jakarta, akan berubah nama. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta tim perusahaan patungan (joint venture/JV) pengelola kawasan Kota Tua-Sunda Kelapa mengkaji kecocokan Batavia menjadi nama baru.

    "Silakan nanti tim JV melakukan studi dan memutuskan," kata Anies di Taman Fatahillah, Kota Tua, Jakarta, Rabu, 28 April 2021.






    Anies mengatakan penjenamaan Kota Tua juga dikenal di sejumlah wilayah. Sementara itu, Batavia lebih identik dengan Jakarta dan memiliki sejarah panjang dengan Ibu Kota Negara.

    "Mengapa tidak, nama Kota Tua kita kembalikan menjadi Batavia? Batavia mempunyai sejarah panjang. Kalau kita Google kata 'Batavia', muncul tautan (link) menarik berbahasa Inggris, Belanda dan Indonesia, berlatar abad 16-18, yang menggambarkan bahwa Batavia adalah sesuatu banget," kata Anies.

    Anies mengatakan ide menarik itu muncul karena tergelitik dengan tulisan Batavia di depan podium penandatanganan perjanjian pokok tentang pembentukan perusahaan patungan pengelola kawasan Kota Tua dan Sunda Kelapa di Taman Fatahillah. Anies kemudian mengusulkan tim JV melibatkan ahli-ahli sejarah dan ahli lainnya sebelum memutuskan perubahan nama itu.

    "Kita undang para ahli untuk memikirkan," ujar Anies.

    Baca: Sandi: Turis Lokal Lebih Bernilai dari Wisatawan Mancanegara

    Kota Tua dikenal di sejumlah wilayah. Kawasan sekitar rumah tokoh Tjong A Fie di Medan, Sumatra Utara, disebut sebagai Kota Tua Medan.

    Di Bandung, Jawa Barat, juga ada Kota Tua Braga. Namun, kawasan itu lebih sering disebut Braga.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id