Tinggi Air Mencapai 60 Cm, Terowongan Cawang Lumpuh

    Zaenal Arifin - 20 Februari 2021 10:16 WIB
    Tinggi Air Mencapai 60 Cm, Terowongan Cawang Lumpuh
    Banjir di terowongan Cawang, Jakarta Timur. Medcom.id/Zaenal Arifin
    Jakarta: Hujan yang mengguyur wilayah DKI Jakarta sejak Jumat, 19 Februari 2021, membuat beberapa wilayah di Ibu Kota tergenang air. Bukan hanya permukiman tapi juga jalan-jalan protokol terdampak banjir.

    Salah satu jalan protokol yang tergenang adalah Jalan D.I Panjaitan, tepatnya di Terowongan Cawang, Jakarta Timur. Ketinggian air sekitar 50-60 sentimeter (cm).

    "Terowongan Cawang ini banjir parah, sampai perahu karet aja bisa mengambang (digunakan). Kejadiannya sama kaya waktu banjir 1 Januari 2020, juga seperti ini," kata salah seorang pengendara sepeda motor, Keny, ditemui di dekat lokasi genangan, Sabtu, 20 Februari 2021.

    Banjir akibat meluapnya Kali Sunter yang berdampingan dengan jalan tersebut. Pria berusia 32 tahun itu mengatakan genangan air di lokasi terjadi pada Jumat dini hari, 19 Februari 2021.

    Baca: Banjir Kepung Sejumlah Ruas Tol Jabodetabek

    Bedanya ketinggian air masih berkisar 20-40 sentimeter dan pada siang harinya debit sudah surut. Sehingga jalan bisa dilalui kendaraan.

    "Kalau kemarin (Jumat) ada beberapa mobil besar yang nekat nerobos banjir, mesin kendaraannya mati. Tapi kalau hari ini mah enggak ada yang berani, terlalu tinggi airnya," ujarnya.

    Terpantau, lajur Jalan D.I Panjaitan dari arah Cililitan ke Kebon Nanas yang masih bisa dilintasi pengguna jalan karena ketinggian air tidak terlampau parah. Pengguna jalan dari arah Kebon Nanas harus mencari rute alternatif bila hendak menuju ke Cililitan, di antaranya lewat Jalan Otista Raya.

    "Iya kalaupun bisa lewat, macet parah. Ini juga surutnya lama, mungkin sampai siang belum tentu surut," kata dia.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id