Bakteri Koli Tinja Cemari 120 Titik Kali di DKI Jakarta

    Christian - 22 September 2021 05:36 WIB
    Bakteri Koli Tinja Cemari 120 Titik Kali di DKI Jakarta
    Kali Ciliwung. Petugas Dinas LH DKI Jakarta mengecek kualitas air Kali Ciliwung, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 21 September 2021. Foto; Medcom.id/Christian



    Jakarta: Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta menyebut 120 titik sungai di Ibu Kota masuk dalam kategori tercemar ringan hingga berat. Sungai yang tercemar umumnya disebabkan limbah domestik, seperti bakteri koli tinja. 

    "Seperti di sini (Sungai Ciliwung) kualitas airnya sangat memprihatikan. Kami rutin tiap tahun mengambil sampel di kali dan sungai di DKI Jakarta," ucap petugas DLH DKI, Mustika, saat memantau kualitas air di Kali Ciliwung, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 21 September 2021. 

     



    Menurut dia, sampel air akan dibawa ke laboratorium. Fasilitas tersebut dapat melihat kandungan di dalam aliran sungai. 

    Baca: Ketua DPRD DKI Lempar Bola Kasus Munjul ke Anies Baswedan

    "Kita ambil air yang kemudian kami masukkan ke dalam kotak kecil untuk diteliti di laboratorium untuk di analisis," ucap dia. 

    Pernyataan Mustika selaras dengan laporan Pemantauan Kualitas Lingkungan Air Sungai Provinsi DKI Jakarta Tahun 2020. Status mutu air sungai di DKI menurun. Selain itu, status mutu kategori cemar berat meningkat.

    Status mutu air sungai di DKI Jakarta ditentukan berdasarkan perhitungan indeks pencemaran (IP). Nilai IP 0-1,0 kategori baik; IP 1,0-5,0 kategori cemar ringan; IP 5,0-10,0 kategori cemar sedang; dan IP di atas 10,0 kategori cemar berat. 

    Analisis status mutu air juga menggunakan 14 parameter. Hal ini meliputi adanya zat padat terlarut (total dissolved solid/TDS), zat padat tersuspensi (total suspended solid/TSS), pH, biological oxygen demand (BOD), chemical oxygen demand (COD), kadmium (Cd), khrom hexavalen (Cr6+), tembaga (Cu), merkuri (Hg), seng (Zn), minyak dan lemak, senyawa aktif biru metilen (MBAS), bakteri koli, dan bakteri koli tinja. 

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id