Penyebaran Covid-19 dari Perkantoran Meningkat Nyaris 10 Kali Lipat

    Theofilus Ifan Sucipto - 29 Juli 2020 14:05 WIB
    Penyebaran Covid-19 dari Perkantoran Meningkat Nyaris 10 Kali Lipat
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Klaster penyebaran covid-19 dari perkantoran di DKI Jakarta meningkat cukup signifikan dibanding sebelum pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi pada 4 Juni 2020. Bahkan peningkatannya mencapai 9,6 kali lipat.

    “Kalau kita lihat angkanya bertambah hampir 10 kali lipat,” kata anggota Tim Pakar Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Dewi Nur Aisyah, di Gedung Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Rabu, 29 Juli 2020.

    Aisyah menjelaskan jumlah kasus positif di perkantoran sebelum PSBB hanya 43 orang. Setelah 4 Juni 2020 hingga 28 Juli 2020, kasus positif bertambah 416 orang. Sehingga, total ada 459 kasus positif dalam kurun hampir dua bulan.

    Perkantoran di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI menyumbang angka terbesar. Terdapat 34 klaster dengan 141 kasus covid-19.

    “Kemudian kantor kementerian terdapat 20 klaster dan 139 kasus,” ujar Dewi.

    Menurut Dewi, penyebaran covid-19 bisa dari mana pun. Covid-19 bisa menular saat berada di rumah atau dalam perjalanan ke kantor.

    “Itulah kenapa kita harus waspada, terutama yang menggunakan moda transportasi umum,” tegas dia.

    Dewi mengimbau perkantoran yang memungkinkan sistem kerja dari rumah untuk dilanjutkan. Namun jika mengharuskan karyawan ke kantor, kapasitas maksimal kantor hanya 50 persen.

    “Lalu kalau terpaksa harus masuk kantor, dibikin sif, ada jam masuk antarkaryawan,” tutur Dewi.

    Baca: 68 Kantor di DKI Jadi Klaster Baru Covid-19

    Sebelumnya, klaster baru covid-19 di perkantoran Jakarta bertambah menjadi 68. Penambahan sembilan klaster dari sebelumnya 59, didapat dari data di rumah sakit, puskesmas, dan laboratorium.
     
    "Ada 68 klaster perkantoran yang kami cermati dan sudah kami lakukan kroscek, identifikasi terhadap kantor-kantor tersebut," ujar Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti dalam webinar, Selasa, 28 Juli 2020.
     
    Dinas Kesehatan DKI Jakarta akan terbuka terkait laporan kasus covid-19 di perkantoran. Mereka akan menginvestigasi sesuai laporan.

    (AZF)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id