Tunjangan ASN Tiga SKPD Tak Dipotong Menuai Kritik Keras

    Cindy - 29 Mei 2020 14:57 WIB
    Tunjangan ASN Tiga SKPD Tak Dipotong Menuai Kritik Keras
    Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi/Medcom.id/Cindy
    Jakarta: Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi, meminta Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, adil memangkas tunjangan pegawai negeri sipil (PNS). Kebijakan memangkas 50 persen tunjangan kinerja daerah (TKD) dianggap belum merata.

    "Belakangan diketahui PNS di tiga Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tetap mendapatkan tunjangan penuh," kata Prasetyo melalui keterangan tertulis, Jumat, 29 Mei 2020.

    Rincian SKPD tersebut ialah Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD), dan Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Kominfotik). Sementara SKPD Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Dinas Sosial direncanakan mendapat perlakuan serupa.

    Prasetyo meminta Pemerintah Provinsi DKI memahami fungsi realokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Pemprov harus fokus menangani korona, bukan untuk tebang pilih pemenuhan tunjangan PNS.

    Baca: Anies Diminta Adil Memotong Tunjangan ASN

    "Kalau seperti ini ada yang dapat penuh ada yang dipangkas, tidak adil namanya," tegas Prasetyo.

    Dia meminta Anies mengkaji kembali kebijakan itu. Sebab ketimpangan ini menimbulkan kecemburuan sosial dan dikhawatirkan berdampak pada penurunan performa kerja PNS DKI.

    Prasetyo mencontohkan DPRD DKI yang sepakat memangkas anggaran alat kelengkapan dewan (AKD) secara merata. "Kok ini malah ada yang merasa keberatan. Rasa kebersamaan dan empatinya ini ke mana," ucapnya.

    Prasetyo menilai tunjangan penuh pada SKPD tertentu tidak tepat. Seharusnya, tunjangan dialokasikan pada tenaga medis di lingkungan Dinas Kesehatan DKI. Sebab mereka menghadapi risiko tinggi terjangkit korona (covid-19).

    "Kemudian tenaga-tenaga harian seperti sopir ambulance, pengangkut sampah, lalu pemungut pajak di lapangan. Mereka yang harusnya dipedulikan. Jangan selalu maunya di atas terus ini PNS DKI," ujar Prasetyo.



    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id