Anies Tampik Revitalisasi Trotoar Bikin Macet

    Insi Nantika Jelita - 11 November 2019 17:59 WIB
    Anies Tampik Revitalisasi Trotoar Bikin Macet
    Ilustrasi trotoar di DKI Jakarta. MI/Bary Fathahilah.
    Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menampik program revitalisasi trotoar membuat macet jalanan ibu kota. Ia menduga jumlah kendaraan roda dua dan roda empat yang bertambah menjadi biang keladi kemacetan.

    "Setahu saya yang bikin macet itu mobil dan motor ya, bukan trotoar ya," ujar Anies saat ditemui di Gedung Balai Kota, Jakarta, Senin (11/11).

    Anies menjelaskan penambahan jumlah kendaraan bermotor tak seiring dengan penambahan ruas jalan di Jakarta. Hal itu membuat jalanan ibu kota tak bisa menampung penambahan kendaraan.

    "Sesungguhnya panjang jalan di Jakarta tidak berubah. Panjang jalan di Jakarta itu segitu. Jumlah kendaraan bermotornya yang meningkat banyak," katanya.

    Salah satu anggota DPRD DKI dari Fraksi PDI Perjuangan Ida Mahmudah keberatan dengan program revitalisasi trotoar. Ida meminta Anies fokus menangani banjir.

    Anies enggan mengomentari hal itu. Ia menyebut tak semua program yang dikerjakan Pemprov DKI mendapat pemberitaan media. 

    "Tapi kita siapkan semuanya. Bahkan tadi pagi secara khusus kita tunjukkan apa yang kita kerjakan di Waduk Pluit misalnya. Jadi pengerukan-pengerukan di waduk-waduk kita dan sungai-sungai terus kita jalankan," ucap Anies.

    Usulan revitalisasi trotoar mencapai Rp1,2 triliun. Anies menyarankan warga Jakarta menggunakan angkutan umum jika tak ingin terganggu dengan pelebaran trotoar di sejumlah titik.

    "Dengan adanya trotoar kita berharap warga bisa berjalan kaki lebih banyak. Kita berharap penggunaan sepeda juga lebih banyak," jelas Anies.



    (DRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id