Kriteria Penerima Intensif Penanganan Covid-19 di APBD 2021

    Hilda Julaika - 08 Oktober 2020 15:35 WIB
    Kriteria Penerima Intensif Penanganan Covid-19 di APBD 2021
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: DPRD DKI Jakarta dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sepakat memasukan insentif untuk petugas yang menanganani covid-19 ke dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah 2021. Namun, ada kriteria untuk petugas yang menerima intensif, yakni orang yang bertugas langsung di penanganan covid-19.

    Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi NasDem Ahmad Lukman Jupiter mencontohkan petugas di Dinas Kesehatan DKI Jakarta. Petugas Dinkes ada yang bekerja di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan puskesmas sehingga bersentuhan langsung dengan penanganan pasien covid-19, serta ada yang hanya bekerja di kantor.
     
    "Karena di kantor Dinkes juga tugas pekerjaannya banyak. Kalau yang tidak ikut turun langsung ke RSUD saya kira tidak akan mendapatkannya," kata Jupiter kepada Media Indonesia, Kamis, 8 Oktober 2020.

    Menurut dia, kejelasan kriteria penerima insentif ini memang sangat diperlukan. Dengan begitu, pembengkakan anggaran bisa dihindari.

    "Kriterianya memang harus dibuat untuk jangan sampai semua disamakan, sementara yang berada di kantor Dinas deskripsi job-nya berbeda-beda dan hanya akan menghamburkan anggaran," jelasnya.

    Baca: Wisma Atlet Tampung 3.033 Pasien Covid-19

    Rencananya insentif petugas covid-19 ini bukan hanya untuk tenaga medis. Petugas yang turun di lapangan dalam penanganan covid-19 juga mendapatkan intensif, seperti petugas dari Dinas Kesehatan DKI, Dinas Perhubungan DKI, Satpol PP, petugas Puskesmas, kelurahan, hingga kecamatan.

    Jupiter mengatakan insentif bagi petugas covid-19 sudah masuk ke dalam APBD 2021. Hal ini telah dibahas bersama Pejabat Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Sri Haryati dan Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Edi Sumantri.

    "Hasil rapat dengan Sekda dan Kepala BPKD sudah sepakat soal insentif petugas covid-19 dimasukan ke APBD 2021 dengan berbagai pertimbangan," ujar dia.

    (AZF)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id