comscore

Pemprov DKI Pusatkan Salat Iduladha di JIS

Antara - 06 Juli 2022 22:33 WIB
Pemprov DKI Pusatkan Salat Iduladha di JIS
Ribuan umat Islam melaksanakan Shalat Idul Fitri 1443 Hijriah di Jakarta International Stadium (JIS), Senin (2/5/2022). Branda Antara
Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memusatkan salat Iduladha 1443 Hijriah di Jakarta International Stadium (JIS) pada Minggu, 10 Juli 2022. Warga yang berniat hadir diimbau mematuhi tata tertib, protokol kesehatan,  serta telah vaksinasi dosis ketiga.

"Diimbau untuk seluruh masyarakat yang ingin berpartisipasi untuk tetap tertib dan disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes) demi kenyamanan bersama," kata Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Sigit Wijatmoko di Balai Kota Jakarta, Rabu, 6 Juli 2022.
Jemaah juga diimbau membawa perlengkapan salat dari rumah. Selain itu, warga juga diminta tidak berkerumun usai beribadah.

"Silahkan membawa peralatan ibadah pribadi, mengikuti salat dan khotbah Iduladha secara khusyuk serta tidak berkerumun selepas kegiatan," ucap dia. 
 
Sigit mengatakan pelaksanaan salat Iduladha 2022 telah dikoordinasikan dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta, Dewan Masjid Indonesia (DMI) serta lembaga-lembaga Islam lainnya. Pada prinsipnya, kata dia, lembaga-lembaga menyatakan pelaksanaan salat iduladha di JIS telah sesuai dengan aturan (kaifiat) salat iduladha.

Selain itu, untuk menjamin kesucian tempat salat akan dilakukan pembersihan lokasi dengan melibatkan berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Berbagai infrastruktur pendukung pun telah disiapkan, seperti tempat wudu, tempat parkir, dan 

"Meski telah disediakan tempat wudu, disarankan wudu dari rumah untuk mengurangi antrean dan agar pelaksanaan salat dapat dimulai tepat waktu," jelas dia.
 

Baca: Pemkot Tangsel Manut Iduladha Digelar Minggu 10 Juli


Dia memastikan segala keperluan saat salat iduladha sudah disiapkan. Selain itu, semua OPD juga sudah dibagi tugas untuk memastikan pelaksanaan salat berjalan sukses.

"Karena itu, mari tetap menggunakan masker selama kegiatan berlangsung dan lengkapi vaksinasi booster-nya. Semoga salat Iduladha nanti dapat mendukung #LebaranAman&Sehat di Jakarta," tutur Sigit.
 
Pelaksanaan salat Iduladha 1443 Hijriah berlokasi di Ramp Barat, Ramp Timur, "concourse" Utara dan Selatan JIS. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI juga telah menyiapkan alternatif tempat salat iduladha di salah satu lokasi di JIS jika hujan.

"Kenyamanan dan keamanan jsmaah adalah hal yang utama bagi kami agar pelaksanaan Hari Raya Kurban di Jakarta ini dapat membuat #KurbanSemakinIstimewa," kata Sigit.


(LDS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id