comscore

Anies: Warga Kamal Muara Bisa Hemat Belanja Air Minum hingga 95%

Kautsar Widya Prabowo - 30 Juni 2022 21:12 WIB
Anies: Warga Kamal Muara Bisa Hemat Belanja Air Minum hingga 95%
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Medcom.id
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan saat ini warga Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, mampu melakukan penghematan yang cukup signifikan dalam belanja air minum. Pasalnya, air bersih sudah mengalir ke wilayah tersebut melalui pipa milik Perusahaan Air Minum (PAM) Jaya.

Anies menerangkan berdasarkan perhitungan PAM Jaya, dalam satu bulan warga Muara menganggarkan belanjar air minum mencapai Rp800 ribu-Rp1 juta. Saat ini, dengan menggunakan air pipa bisa membayar hanya sekitar Rp50 ribu hingga Rp70 ribu atau Rp80 ribu, tergantung jumlah kebutuhan.
"Ini penghematan yang luar biasa. Kalau tadi dihitung bisa menghemat 95 persen. Jadi biaya yang keluar untuk rumah tangga bagi air bisa turun 95 persen. Artinya, pendapatan mereka bisa dipakai untuk kebutuhan-kebutuhan lain. Bisa untuk pendidikan anak, perbaikan rumah, kegiatan lain," ujar Anies saat menghadiri peletakan pipa pertama sebagai pemasangan tahap lanjutan di wilayah Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis, 30 Juni 2022.
 

Bappenas: Baru 12% Masyarakat Punya Akses Air Bersih yang Aman


Anies meminta kepada warga agar dapat memanfaatkan air dengan sebaik-baiknya dan tidak boros. Ia juga meminta sesama warga saling mengingatkan agar tidak menyalahgunakaan infrastruktur yang telah dibangun Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

"Kalau lihat ada keran dibuka, terus diingetin. Nanti lihat meterannya, tiap bulan tadi Pak Dirut bilang rata-rata sekitar 10 meter kubik. Kalau nanti lihat ada yang angkanya di atas 10, diingetin. Kalau angkanya di atas 100, berarti dagang tuh. Jadi jangan dipakai untuk kebutuhan yang lain," jelasnya.

Perlu diketahui, saat ini tercatat sudah 11 RT di RW 01 Kelurahan Kamal Muara yang telah menikmati akses air perpipaan yakni RT 01, 02, 03, 04, 05, 06, 08, 09, 10, 11, dan 12. Selain itu, ada delapan RT di RW 04 Kelurahan Kamal Muara yang sudah disambung akses air perpipaan oleh PAM Jaya, yakni RT 01–08.

Saat ini juga terdapat sekitar 16.000 sambungan baru yang sudah dipasang oleh PAM JAYA melalui proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Hutan Kota di Kamal Muara. Jumlah ini akan terus bertambah.

Melalui pembangunan SPAM Hutan Kota, PAM Jaya akan membangun jaringan pipa transmisi dan distribusi sepanjang kurang lebih 116 kilo meter untuk mengaliri air dari Instalasi Pengolahan Air (IPA) Hutan Kota yang berkapasitas 500 liter per detik (lps) kepada sekitar target 30.000 pelanggan di wilayah–wilayah Kamal Muara, Kamal, Pegadungan dan Tegal Alur.

(DEV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id