Anies Klaim Kasus Covid-19 Terkendali Selama PSBB Transisi

    Sri Yanti Nainggolan - 22 Juni 2020 15:03 WIB
    Anies Klaim Kasus Covid-19 Terkendali Selama PSBB Transisi
    Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Medcom.id/Cindy
    Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi berjalan lancar. Masyarakat diminta tetap disiplin.

    "Dalam dua minggu ini, review tadi pagi yang kami terima dari tim FKM (Fakultas Kesehatan Masyarakat) Universitas Indonesia, menunjukkan kondisi wabah di Jakarta terkendali," ujar Anies di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin, 22 Juni 2020.

    Ia menuturkan angka reproduksi (R) virus turun 0,01 dari awal masa transisi menjadi 0,98. Dia menyebut masyarakat mulai berkegiatan dan kondisi wabah masih tetap terkendali.

    Anies menyebut pelaksanaan masa transisi di Ibu Kota Negara juga sudah sesuai aturan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Pelaksanaan masa transisi setelah positivity rate (rasio jumlah kasus konfirmasi positif covid-19 berbanding dengan total pemeriksaan spesimen) di bawah 10 persen.

    "Jakarta selama 10 hari terakhir rata-rata 5 persen. Jadi kondisi kita masih aman tapi jangan karena merasa aman, lalu kita rileks," kata dia.

    (Baca: DKI Kembali Jadi Penyumbang Terbanyak Kasus Baru Covid-19)

    Anies berharap masyarakat Jakarta tetap menerapkan protokol kesehatan, yaitu memakai masker, jaga jarak, tidak berkerumun, dan rutin cuci tangan. Dengan begitu wabah lebih cepat dikendalikan.

    Dia menegaskan wabah belum selesai. Masyarakat tetap harus disiplin. "Bila tidak disiplin bukan tidak mumgkin angkanya akan melonjak," kata dia.

    Jumlah pasien positif covid-19 di DKI bertambah 127 kasus per Minggu, 21 Juni 2020. Total ada 9.830 kasus positif.

    Sebanyak 5.054 orang telah sembuh dan 615 orang meninggal karena covid-19. Sedangkan jumlah orang dalam pemantauan (ODP) 24.250 orang dan pasien dalam pengawasan (PDP) 16.629 orang.



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id